× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Cegah Kebakaran, Babinsa Koramil 07/Sosopan Aktif Gelar Patroli Karhutla

Cegah Kebakaran, Babinsa Koramil 07/Sosopan Aktif Gelar Patroli Karhutla

SHARE
Cegah Kebakaran, Babinsa Koramil 07/Sosopan Aktif Gelar Patroli Karhutla

Babinsa Sosopan Pelda Ngadirin Bersama Polsek Sosopan dan masyarakat ketika melakukan Patroli Karhutla di desa padang garugur kecamatan batang onang kabupaten Padang lawas Utara, Jumat (20/9).

Paluta, sidaknews.com - Untuk mencegah kebakaran Hutan dan Lahan Babinsa Koramil O7/Sosopan di desa padang garugur kecamatan batang onang kabupaten Padang lawas Utara. Pelda Ngadirin dan bersama masyarakat sekitar melaksanakan Patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, (Karhutla) Jumat (20/9/2019).

Patroli gabungan bersama masyarakat dan Anggota Manggala agni 2 orang dan melibatkan Anggota polsek sosopan 1 orang untuk memantau situasi lahan dan hutan di wilayah binaan dan memberitahu kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar hutan maupun lahannya karena bisa menimbulkan kerugian materi denda dan sangsi tindak pidana yang berimbas Pada hukuman penjara selama giat Patroli gabungan tersebut tidak ditemukan titik api.

“Bersama masyarakat dan Petugas melaksana giat Patroli gabungan untuk menitoring secara langsung masuk ke hutan dan lahan milik warga dan beberapa lahan kosong. Alhmdulillah dalam Patroli tadi tidak ada ditemukan titik api,” kata Pelda Ngadirin.

Terpisah, Danramil 07 Sosopan Kapten Inf Syafaruddin Hasibuan,mengatakan, patroli bersama ini merupakan kegiatan rutin, dalam rangka giat pencegahan terjadinya Karhutla di wilayah Koramil Sosopan.

Patroli gabungan yang dilakukan itu, merupakan perintah langsung dari Komandan Distrik Militer 0212/TS, Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto untuk melihat secara langsung kondisi di wilayah masing-masing.

Tak hanya itu, Babinsa saat dilapangan tiada henti-hentinya mengajak warga agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Karena sanksinya hukum jelas bagi pelaku Karhutla.

“Masyarakat boleh saja membuka kebun, asal jangan dibakar. Karena dampak dari asap sangat berbahaya bagi masyarakat banyak. Oleh karena itu, semua Babinsa kita melakukan patroli secara terpadu untuk pencegahan agar tidak ada terjadi Karhutla,” tegas Danramil Sosopan. (sabar)