× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Hari Pahlawan, Pemuda Gema Sunda Gotong Royong Bersihkan Pemakaman

Hari Pahlawan, Pemuda Gema Sunda Gotong Royong Bersihkan Pemakaman

SHARE
Hari Pahlawan, Pemuda Gema Sunda Gotong Royong Bersihkan Pemakaman

Pemuda dari Gema Sunda memperingati Hari Pahlawan dengan membersihkan tempat pemakaman umum.

PURWAKARTA, sidaknews.com - Pemuda dari Gema Sunda memperingati Hari Pahlawan dengan membersihkan tempat pemakaman umum.

Kelompok pemuda tampak mulai sibuk turun gunung. Satu persatu berdatangan mengisi pagi ini dengan kebersamaan, untuk membersihkan makam milik warga.

Untuk tahun ini, Gema Sunda membersihkan dua lokasi tempat pemakaman umum (TPU) yaitu makam yang ada di Desa Cilandak Kecamatan Cibatu dan makam yang ada di Desa Gurudug Kecamatan Pondoksalam.

Menurut Camat Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rustaman Arifin, kegiatan yang diinisitori oleh gema sunda tersebut sangat bagus dan positif. Bukan hanya warga, para pemuda di wilayah juga ikut terinspirasi untuk bersama-sama menghormati jasa-jasa pahlawan.

"Banyak jasa para pahlawan di wilayah masing-masing yang terkadang dilupakan, dengan adanya bersih-bersih tempat pemakaman umum yang diinisiatori oleh gema sunda, bisa mengingatkan kembali kepada para warga masyarakat sekitar atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur," beber Camat Rustam.

Sementara itu menurut dewan pembina gema sunda, Ade Winanto, kegiatan membersihkan tempat pemakaman umum merupakan agenda tahunan gema sunda. Sehingga tanpa harus diperintahkan, para pengurus gema sundah sudah mempersiapkan diri.

"Agenda rutin tahunan, kita fokuskan membersihkan makam sebagai bentuk kepedulian kita terhadap jasa-jasa para pahlawan yang ada di wilayah tersebut," kata kang Ade Winanto.

Kegiatan sendiri dipusatkan di dua lokasi, di Cibatu dan Pondoksalam. Para pengurus gema sunda dan anggota di masing-masing kecamatan dari pagi sudah berada dipemakaman umum.

"Untuk di TPU Cilandak, kita mendapatkan dukungan dari beberapa pemuda setempat dan tokoh masyarakat. Kemudian juga ikut bergabung bareng-bareng membersihkan makam, dari komunitas sepeda gowes," tambah kang Ade.

Sementara untuk di wilayah pondoksalam, selain gema sunda, para tokoh masyarakat dan pemuda karang taruna ambil bagian dalam membersihkan tempat pemakaman umum tersebut. (ENS)