× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Kapolres Bireuen Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke - 74

Kapolres Bireuen Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke - 74

SHARE
Kapolres Bireuen Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke - 74

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan bertindak sebagai inspektur upacara di upacara hari pahlawan ke 74.

BIREUEN, sidaknews.com - Pemerintah Kabupaten Bireuen menggelar upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional ke-74 bertempat di Halaman Pendopo Bupati, Minggu pagi (10/11/2019).

Upacara ini mengambil tema “Megenang jasa Pahlawan, Aku Pahlawan masa kini.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan bertindak sebagai inspektur upacara. Kemudian Ipda M. Nasir (kasubag Humas Polres Bireuen) Komandan Upacara dan Kapten Inf Agus Suprayitno (Pasi Pers Kodim 0111/Bireuen) bertindak sebagai Perwira Upacara.

Selanjutnya Kapolres membacakan teks Pancasila, selanjutnya teks UUD 45 dibacakan oleh Fakhrurrazi S.Pd.I, dan Pesan-Pesan Pahlawan oleh Ketua DPC LVRI Bireuen AR. Djoeli.

Irup dalam pidatonya membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Juliari Peter Batubara, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan tiba disetiap tahun, secara otomatis kita sudah diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh para leluhur kita dahulu.

Sejarah menceritakan, pertempuran dalam merebut kemerdekaan Negara republik indonesia, rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menguasai Indonesia.

Hal itu mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya terus tumbuh dan berkembang didalam hati sanubari kita semua serta segenap insan Warga Negara Indonesia.

Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar".

Selain itu Peringatan Hari Pahlawan mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi seluruh anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yaitu "Aku Pahlawan Masa Kini".

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat kita lakukan siapapun Warga Negara Indonesia, dengan aksi-aksi dan karya nyata demi memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa hingga ke kancah Internasional.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

“Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada. bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. (NAS)