× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Penyakit Degeneratif di Kalangan Milenial

Penyakit Degeneratif di Kalangan Milenial

SHARE
Penyakit Degeneratif di Kalangan Milenial

Mirna Melisa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang.

 - Tahun 2030 Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi. Jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibanding penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Sebagai negara berkembang, masyarakat Indonesia didominasi oleh kaum remaja. Tercatat 46 juta populasi di Indonesia merupakan remaja dan mereka semua terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Mirisnya sebanyak 48,9 persen remaja perempuan menikah di bawah usia 20 tahun,hal ini menjadi salah satu factor resiko dari berbagai masalah kesehatan yang dihadapi kaum milenial. Lebih lanjut, dari hasil yang diperoleh Riskesdas didapatkan 1/4 remaja Indonesia adalah perokok. Padahal rokok adalah salah satu faktor penyumbang berbagai penyakit berbahaya, mulai dari jantung, paru-paru, dll. (Kangsaputra,2019)

Suatu - Studi menyatakan bahwa anak-anak milenial akan banyak menghadapi masalah kesehatan di banding orangtuanya. Gaya hidup dan pola asuh yang didapat ternyata berdampak pada kesehatan fisik ataupun mental (okezone,2019).

Di era milenial seperti sekarang ini, nampaknya akan sangat sulit bagi anak muda untuk lepas dari pemakaian gadget atau gawai. Sejauh ini, gadget seolah tak bisa lepas dari orang-orang masa kini terutama para generasi milenial. Namun sayangnya, terus menerus bermain dan aktif dengan gadget akan membuat seseorang rentan mengalami masalah kesehatan. Di balik aktivitas menyenangkan tersebut, ada banyak bahaya yang mengintai. Dilansir dari Liputan6.com.

Penyakit degenerative - penyakit akibat penurunan fungsi organ tubuh. Secara umum dikatakan bahwa penyakit ini merupakan proses penurunan fungsi organ tubuh yang umumnya terjadi pada usia tua. Namun ada kalanya juga terjadi pada usia muda, akibat yang ditimbulkan adalah penurunan derajat kesehatan yang biasanya diikuti dengan penyakit (Amelia, 2010; Suyono, 2006).

Jenis- Jenis - Berikut adalah beberapa jenis penyakit degeneratif yang berhubungan dengan konsumsi makanan atau zat gizi tertentu sepert hipertensi,diabetes miletus,stroke,penyakit mental,serta jantung. Yang saat ini menjadi permasalahan kesehatan diindonesia.

By Mirna Melisa