× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Sergai Diwarnai Tabur Bunga dan Tali Asih

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Sergai Diwarnai Tabur Bunga dan Tali Asih

SHARE
Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Sergai Diwarnai Tabur Bunga dan Tali Asih

Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama Forkompimda, Wabup H Darma Wijaya, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP, MAP, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrim menaburkan bunga.

SERGAI, sidaknews.com - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di bantaran Sei Ular Kecamatan Perbaungan, Minggu (10/11), dengan Inspektur upacara Bupati Sergai Ir H Soekirman, Komandan Upacara Kapt. Inf. Sucipto dan Perwira Upacara Info. Yassir.
 
Turut hadir dalam upacara yang bertemakan "Pahlawan Mengutamakan Persatuan dan Kesatuan Bangsa", Forkompimda Kabupaten Sergai, Wabup H Darma Wijaya, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP, MAP, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli, Pejabat Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, anggota DPRD, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, unsur TNI-POLRI, Veteran, Ormas, OKP, Pramuka, Siswa/siswi SMP/SMA, serta para undangan.
Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir H Soekirman saat membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari P Batubara mengemukakan bahwa hari pahlawan mengingatkan kita pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen yang paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita bung Karno yang menyatakan bahwa " Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar, " imbuhnya.

Diungkapkan Menteri Sosial, bahwa pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun, dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemashlatan bagi masyarakat, membawa nama harum nam bangsa di mata internasional, tandasnya.

Diakhir amanatnya, Menteri Sosial menyebutkan bahwa dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu, marilah kita terus berupaya memupuk nilai kepahlawan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu, tutupnya.

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ini, diisi dengan rangkaian kegiatan tabur bunga di Sei Ular, pemberian tali asih kepada para Veteran dan pertunjukan seni budaya bertema perjuangan. (RS)