× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Peringati Hari Pahlawan, Bupati Labuhanbatu Jadi Inspektur Upacara

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Labuhanbatu Jadi Inspektur Upacara

SHARE
Peringati Hari Pahlawan, Bupati Labuhanbatu Jadi Inspektur Upacara

Bupati Labuhanbatu H.Andi Sihemi Dalimunthe ST.MT. Jadi Irup peringati Hari Pahlawan di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Labuhanbatu, sidaknews.com - Peringati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2019 ,Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.M. Tampak sebagi irup, acara yang dilaksanakan di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Minggu (10/11/2019).

Pada upacara hari pahlawan tersebut H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT menyampaikan amanat tertulis Menteri Sosial, bahwa setiap peringatan Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali tentang peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Ini salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang Terus pantang menyerah, untuk melawan penjajahan yang ingin menetapkan kembali kekuasaannya di Indonesia ini.

Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu negeri, semangat yang ditujukan para pahlawan Kemerdekaan yang gugur di Medan perang, maka ini terus ditumbuhkembangkan didalam sanubari segenap insan warga Negara Republik Indonesia.

Dengan peringatan hari pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ucapan The Founder Fathers kita Bung Karno yang menyatakan.

“Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”, dan kita terus bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana dengan tema hari pahlawan tahun 2019 ” Aku Pahlawan Masa Kini” jelas H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT.

Iapun juga, menambahkan, bahwa menjadi pahlawan masa kini bisa dapat dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis, atau mengancam orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata, tetapi kita juga bisa menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di masa Internasional.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang dibangun pala pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia, jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa, jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai terprovokasi dan konflik satu sama lain, jelasnya.

H Andi Suhaimi Dalimunthe juga menjelaskan bahwa hari pahlawan bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan, jelas Bupati Labuhanbatu.

Upacara Hari Pahlawan ini dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe beserta jajarannya, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SIK.MH beserta jajarannya, Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol.Inf.Santoso beserta jajarannya, Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat Khamozaro Waruwu Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan beserta anggota DPRD, Ketua KNPI Labuhanbatu Hamzah Sya’bani Nasution, Ketua Gugus depan Pramuka, OKP,LSM, Insan Pers, Pelajar dan tokoh Masyarakat. (Dody)