× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Polres Padangsidimpuan Musnahkan Barang Bukti 21 Kg Ganja

Polres Padangsidimpuan Musnahkan Barang Bukti 21 Kg Ganja

SHARE
Polres Padangsidimpuan Musnahkan Barang Bukti 21 Kg Ganja

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S.IK.M.H Memimpin pemusnahan barang bukti daun ganja yang digelar di halaman Apel Mapolres Padangsisimpuan,Rabu (4/12).

SIDIMPUAN, sidaknews.com - Satuan Narkoba Polres Padangsidimpuan memusnahkan 21 kilogram ganja kering dengan cara dibakar di halaman Mapolres Padangsidimpuan, Rabu (4/12/2019).

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil penangkapan tersangka Pian Nasution alias Penghong, Mahmul Syah Tanjung berdasarkan LP Nomor: 77.A /VIII/2019/SU/PSP/Resnarkoba, 22 Agustus 2019 dengan Barang bukti daun Ganja sebanyak 14.936,29 gram.

Penangkapan terhadap Suliaman Nainggolan Alias eben berdasarkan dengan LP nomor: 110.A/X/2019/ SU/PSP/Resnarkoba, tanggal 30 Oktober 2019.dengan barang bukti daun Ganja sebanyak 6021,9 (enam ribu dua puluh satu koma sembilan) gram

"Pemusnahan itu merupakan komitmen Polri khususnya Polres Padangsidimpuan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

Hilman menyampaikan, bahwa pemusnahan barang bukti ganja ini untuk menjawab keraguan sebagian masyarakat bahwa barang bukti narkotika tidak disalahgunakan melainkan dimusnahkan.

21 kilogram ganja itu telah dipaket menjadi 21 kemasan yang dibungkus lakban warna cokelat.

"Kami tidak main-main, penyalahguna, pengedar, dan bandar akan kami tindak tegas. Bila melawan akan kami lumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur," ungkapnya.

Oleh para tersangka, lanjut Kapolres, barang bukti ganja yang berasal dari Kabupaten Madina untuk diedarkan di wilayah Kota Padangsidimpuan dan sebagian hendak diedarkan di luar daerah.

"Tersangka yang kita amankan ada empat, dan masih terus kita kembangkan untuk memberantas jaringan peredaran narkoba," ujarnya.

Akibat perbuatannya keempat tersangka dijerat dengan Pasal 114 sub Pasal 112 Ayat (2) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Kita ancam pidana hukuman penjara 20 tahun atau seumur hidup atau hukuman mati," tandasnya.

Pantauan wartawan di lokasi, hadir pada acara pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja itu mewakili Ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan Hery Candra, Kasipidum Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Ahmad Harahap, mewakili BNK Kabupaten Tapsel Ronny Ashar, dan mewakili Kakan Kesbangpol Yunan Daulay. Hadir juga Waka Polres Padangsidimpuan Kompol Matnur Dalimunte, Kasat Narkoba CJ Panjaitan, Kasubbag Humas Polres Padangsidimpuan Iptu Maria Marpaung, Kasat Reskrim AKP Abdi Abdullah, dan PJU Polres Padangsidimpuan Pengacara/Advokat Erwin P Siregar.

Sementara itu Kasipidum Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Ahmad Harahap, mengapresiasi pemusnahan ganja itu.

Menurutnya, masyrakat sangat mendukung upaya pemberantasan narkoba. Dia pun mengimbau masyarakat utamanya pemuka agama untuk terus melawan peredaran narkoba khususnya di Kota Padangsidimpuan. (sabar)