× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Terungkap Walaupun Seorang ASN, Ryan Ternyata Seorang Residivis Narkoba

Terungkap Walaupun Seorang ASN, Ryan Ternyata Seorang Residivis Narkoba

SHARE
Terungkap Walaupun Seorang ASN, Ryan Ternyata Seorang Residivis Narkoba

Tersangka Ryan ketika digiring Kbo Satres Narkoba Polresta Padangsidimpuan Ipda Kuspil Pianto ke Ruangan Penyidik untuk dilakukan Proses pemeriksaan lanjutan.

Sidimpuan, sidaknews.com - Terungkap Ryan Saputra Simamora yang merupakan anak mantan Sekda Kota Padangsidimpuan adalah seorang residivis narkoba, itu terungkap berdasarkan penelusuran sidaknews.com
pada kasus Ryan Simamora ketika di tangkap petugas Polres Tapsel ketika menggunakan narkoba jenis sabu di dalam mobil Toyota Ayla BB 1318 JA di Desa Gunungtua Tonga, Paluta, Kamis (8/1/2015), lalu.

Dalam kasus ini, Polres Tapsel menyita berupa satu unit mobil BB 1318 JA, dua plastik sabu yang sudah kosong, satu buah bong (alat isap sabu) dan dua (2) buah mancis.

Atas perbuatan tersebut Ryan pernah mendekam di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunungtua, Paluta untuk menjalani Proses hukum kurungan badan hanya tiga bulan.

Setelah bebas dari penjara berselang empat tahun dari kasus yang pertama bukanya kapok, malah kembali mengerjakan pekerjaan terlarang tersebut.

Pria yang bekerja sehari-hari sebagai staf Dinas Sosial Pemko Padangsidimpuan itu kembali ditangkap di salah satu Hotel di Jalan Sudirman Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/9/2019) malam.

Dari tangan Ryan, polisi mengamakan satu bungkus plastik klip transparan diduga keras berisi sabu dengan berat 0,24 gram, bersama satu set alat hisap atau bong, satu buah sendok terbuat dari sedotan plastik, dua buah mancis (korek gas dan satu buah kaca pirek kosong.

Kapolres Padang Sidimpuan, AKBP Hilman Wijaya S.IK.MH mengatakan, penangkapan dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa hotel tersebut sering dijadikan transaksi dan penyalahgunaan narkotika.

"Dari informasi itu, petugas Opsnal Satresnarkoba Polres Padangsidimpuan langsung melakukan penyelidikan. Setelah dipastikan, petugas langsung melakukan penangkapan," ujar Hilman, Senin (16/9/2019) siang.

Hilman, menjelaskan penangkapan dilakukan di salah satu kamar kosong yang berada di lantai tiga. Petugas mengamankan tersangka Ryan saat sedang asik memasukkan serbuk berwarna putih diduga keras narkotika jenis sabu ke dalam kaca pirek yang sudah terpasang dengan alat hisap bong.

"Kemudian petugas melakukan penggeledahan dan ditemukan barang bukti lainnya. Selanjutnya tersangka beserta barang bukti diamankan dan dibawa ke Polres Padang Sidimpuan untuk proses lebih lanjut," ungkap Hilman.

Mantan Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut tersebut menuturkan, menurut pengakuan Ryan, dia sudah lima tahun mengkonsumsi sabu. "Jadi dari keterangan yang kita dapat, pelaku mengaku sudah menggunakan sabu selama lima tahun," tandas Hilman.

Atas perbuatannya, lanjut Hilman, Staf Dinas Sosial Pemko Padangsidimpuan itu dijerat dengan Pasal 114 (1) Subs 112 (1) Undang-undang RI No. 35 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman di atas lima tahun kurungan penjara. (Sabar)