× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah 16 Orang Penumpang KM Sangke Palangga Asal Sulawesi Tidak Dibekali Hasil Rapid Test

16 Orang Penumpang KM Sangke Palangga Asal Sulawesi Tidak Dibekali Hasil Rapid Test

706
SHARE
16 Orang Penumpang KM Sangke Palangga Asal Sulawesi Tidak Dibekali Hasil Rapid Test

Dominika Mogi, Tim Satgas bidang penanganan covid-19 Kabupaten Nagekeo.

NAGEKEO, sidaknews.com - Seiring dengan penerapan tatanan normal baru (new normal) oleh Pemerintah Kabupaten Nagekeo, satgas bidang percepatan covid-19 Nagekeo lakukan pemeriksaan rapid test kepada 92 orang penumpang Kapal Motor (KM) Sangke Palangga asal Benteng Jampea Sulawesi Selatan, sabtu (21/11/2020).

Pemeriksaan rapid test kepada 92 orang di Pelabuhan Penyeberangan Marapokot, 16 orang diantaranya tidak memiliki surat kesehatan hasil rapid ataupun swab yang dikeluarkan dari otoritas satgas covid-19 Jampea Sulawesi Selatan.

Satgas bidang penanganan dan percepatan covid-19, Dominika Mogi di Pelabuhan Penyeberangan Marapokot mengatakan, bahwa saat ini Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do sangat mempertegas kepada pelaku perjalanan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan (rapid test) di Pelabuhan Marapokot oleh karena saat ini pengidap dan terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Nagekeo adalah pelaku perjalanan.

Dikatakan lagi, dari 16 orang penumpang KM Sangke Palangga yang tidak memiliki surat keterangan rapid test, akan dilakukan penanganan lanjut yakni pemeriksaan rapid test oleh satgas covid-19 Nagekeo dari Puskesmas Danga namun terdapat sepasang suami istri yang enggan dan menolak tidak mau dilakukan pemeriksaan kesehatan rapid test.

"Untuk suami istri jangan sampai keluar dari area pelabuhan karena tidak mempunyai dan tidak mau di lakukan rapid test. dan hasil itu yang menentukan, ketika tidak memiliki hasil rapid test kita tidak tau entah reaktif atau non reaktif, dan juga pasangan suami istri ini tetap masih bersikeras tidak mau rapid test mau tidak mau harus kembali ke daerah nya," jelasnya.

Nurhalima asal Pulau Jampea Lembongang mengatakan diri nya sehingga tidak melakukan rapid test ketika menumpangi KM Sangke Palangga karena tidak ada satgas yang melakukan pemeriksaan dan mengeluarkan surat keterangan rapid ataupun swab di Pelabuhan Benteng Jampea dan ia mengaku bahwa dirinya tidak ada penyakit tidak perlu dilakukan pemeriksaan kesahatan.

"Saya tidak ada surat hasil rapid test dari jampea kodong karena tidak ada petugas kesehatan untuk periksa di Pelabuhan benteng jampea, kalau mau bicara periksa kesehatan, untuk Puskesmas ada di jampea tapi buat apa saya diperiksa saya tidak sakit," lirihnya. (M. Yasin)