× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut 20 Positif Covid-19, 3 Diantaranya Sembuh dan 1 Meninggal di Madina

20 Positif Covid-19, 3 Diantaranya Sembuh dan 1 Meninggal di Madina

720
SHARE
20 Positif Covid-19, 3 Diantaranya Sembuh dan 1 Meninggal di Madina

Bupati Madina Drs Dahlan hasan nasution, didampingi Kadis Kesehatan dr Syarifuddin, Kadis Kominfo Sahnan Batubara, Kepala BPBD Yasir Nasution, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan.

Mandailing Natal, sidaknews.com - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatra Utara (Sumut), ada 20 orang terkonfirmasi positif COVID-19, namun tiga orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Bupati Madina Drs Dahlan hasan nasution, didampingi Kadis Kesehatan dr Syarifuddin, Kadis Kominfo Sahnan Batubara, Kepala BPBD Yasir Nasution, senin (7/9/2020) kepada wartawan menyampaikan sampai saat ini sudah ada 20 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada 20 orang terkonfirmasi positif Covid-19, tiga diantaranya sembuh dan satu meninggal dunia dan 16 dalam pemantuan tim medis kita. Dan di dalamnya 10 orang terkonfirmasi positif tersebut merupakan tenaga medis di RSU Panyabungan yang terdiri dari Dokter, perawat, Bidan,"jelasnya

Saat ini ke 10 orang tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid, sedang mengikuti perawatan baik secara mandiri maupun ada yang kita antar ke medan,"papar Dahlan.

Satu orang meninggal tersebut, kata Dahlan adalah yang bertugas di Dinas PUPR Madina yang mempunyai penyakit lain dari Covid-19 itu.

"Korban yang meninggal terkonfirmasi Covid-19, yang bertugas di Dinas PUPR Madina, beliau memang mempunyai penyakit lain, namun hal ini jangan membuat masyarakat untuk meremehkan Covid-19 ini,"sebut Dahlan Hasan nasution yang juga ketua gugus tugas Covid-19 Madina

Semua yang terkonfirmasi positif Kata Dahlan sudah di lakukan tracing dan yang kontak erat semua sudah teridentifikasi.

"yang kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif sudah di identifikasi dan di lakuka rapid tes. Bagi yang rapid tes nya reaktif dan juga yang memiliki gejala klinis dilakukan tes swab dan hasil swebnya di kirim ke laboraterium rumah sakit USU,"jelasnya

Untuk pelayanan RSUD Panyabungan, kata Dahlan Hasan Nasution tetap jalan walaupun dokter,perawat dan bidan terkonfirmasi positif

"Pelayanan RSUD Panyabungan tetap berlangsung, tenaga medis yang kontak erat untuk sementara tidak bertugas. Untuk menggantikan kekosangan tenaga medis tersebut akan di gantikan sementara tenaga medis dari beberapa puskemas,"jelas Dahlan

Pada kesempatan tersebut Dahlan Hasan, berharap kepada masyarakat Madina supaya tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di sampaikan Pemerintah.

"Diharpakan kepada masyarakat supaya meningkatkan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan seperti memakai masker bila keluar rumah, menjaga jarak saat berinteraksi, menghindari kerumunan, sering cuci tangan, dan menjaga kesehatan dan rajin olahraga," harap Dahlan.

Sementara Kadis Kesehatan Madina dr Syarifuddin menambahkan, untuk mengantisipasi penyebaran virus ini pemerintah melakukan beberapa langkah.

"langkah-langkah antisipasi yang jelas di lakukan setelah ini kita dapatkan semua hasil sweb akan kita trecing semua siap siapa yang kontak erat dengan yang positif. Dan juga di lakukan penyemprotan disinfektan,"jelasnya. (D36)