× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post 200 Guru PBI Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pidie Jaya Ikuti Pelatihan

200 Guru PBI Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pidie Jaya Ikuti Pelatihan

SHARE
200 Guru PBI Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pidie Jaya Ikuti Pelatihan

Sebanyak 200 guru PBI dari tingkat SD dan SMP, Se-Kabupaten Pidie Jaya mengikuti pelatihan Guru Pendidikan Berkarakter Islami (Dinul Islam).

Meureudu, sidaknews.com - Sebanyak 200 guru PBI dari tingkat SD dan SMP, Se-Kabupaten Pidie Jaya mengikuti pelatihan Guru Pendidikan Berkarakter Islami (Dinul Islam), sesuai amanat peraturan bupati Pidie Jaya nomor 6 tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berkarakter Islami (PBI), yang dilaksanakan di Aula Bappeda Pidie jaya selama 3 hari, mulai tanggal 19 s,d 22 November 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Saiful, M.Pd dalam arahannya mengatakan program PBI ini merupakan penguatan karakter nilai-nilai Islam kepada peserta didik yang berisikan Al Qur`an dan Hadits, Akhlakulkarimah, Aqidah dan Tauhid, serta Fiqih dan Muamalah.

Dengan pelatihan ini saiful berharap guru bisa memberikan penguatan karakter islami dalam pembelajaran dan bisa menanamkan nilai moral sehingga peserta didik memiliki akhlak yang mulia dalam menghadapi perkembangan zaman milenial.

Disamping itu beliau menyampaikan bahwa kondisi saat ini, pembentukan karakter siswa harus dilakukan secara bersama dan berkelanjutan antara sekolah, masyarakat dan orang tua, meskipun melalui program PBI ini kita melibatkan unsur unsur dayah untuk membantu memberikan informasi syariat Islam secara benar, terutama dalam mendukung kebijakan gerakan tahfiz quran, diharapkan juga, orang tua mempunyai andil besar dalam mengembangkan karakter dan akhlak yang mulia bagi peserta didik.

Sementara Zulwani, S.Pd menjelaskan bahwa untuk menjawab tantangan tersebut, Pemkab Pidie Jaya mengembangkan dan menggunakan pendidikan berkarakter islami untuk peningkatan mutu pendidikan dan bisa mengubah mindset guru, supaya memiliki kualitas membangun generasi muda dengan nilai-nilai keislaman. (Nas)