× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut 267 Orang Terjaring Operasi Yustisi di Kota Padangsidimpuan

267 Orang Terjaring Operasi Yustisi di Kota Padangsidimpuan

613
SHARE
267 Orang Terjaring Operasi Yustisi di Kota Padangsidimpuan

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani prihartini S.IK.MMH dalam operasi yustisi.

Sidimpuan, sidaknews.com - Operasi untuk penegakan protokol kesehatan salah satunya digelar di kota Padangsidimpuan. Ratusan orang yang tidak menggunakan bermasker terjaring dalam operasi yutisi tersebut.

Pantauan, petugas gabungan yang melibatkan Polres Padangsidimpuan, Kodim 0212/TS, Kejaksaan Negeri (Kejari), Pengadilan Negeri (PN) Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol-PP menggelar operasi Yustusi peraturan wali kota (Perwal) No.28 tahun 2020, Senin (14/9/2020).

Total ada 267 masyarakat yang terjaring karena tidak menggunakan masker dan jalani sidang di tempat dengan putusan teguran secara lisan.

Operasi itu dalam rangka menerapkan disiplin dan menegakkan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 sesuai Perwal Padangsidimpuan. Kegiatan tersebut berlangsung di dua Pos Pengamanan yakni, di depan Pos Kota Jalan Sudirman serta di depan KFC Jalan Merdeka Kota Padangsidimpuan.

"Kegiatan hari ini adalah operasi yustisi tentang pendisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan menindak lanjuti Perwal Padangsidimpuan tentang kewajiban mengenakan masker," ujar Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini, SIK MH.

AKBP Juli juga mengatakan, pengendara atau masyarakat yang terjaring operasi yakni, tidak gunakan masker, langsung disidangkan untuk didata dan diberi sanksi berupa teguran. Apabila terjaring kedua kalinya, maka akan dikenakan sanksi denda, sesuai Perwal tersebut.

"Pada Operasi Yustisi hari ini ratusan pengendara, baik roda dua roda, empat hingga roda tiga atau becak bermotor turut terjaring," imbuh Kapolres.

Sebelum laksanakan operasi, tim terlebih dahulu melakukan Apel bersama. Dalam Apel tersebut, disampaikan beberapa poin di antaranya, untuk operasi kali ini, masih sebatas teguran secara lisan. Jika, masih tidak mematuhi protokol kesehatan, maka akan dilaksanakan penindakan.

Adapun tindakannya berupa denda administrasi sebesar Rp100 ribu dan kerja sosial, terhitung 10 hari setelah adanya sosialisasi. Tampak perangkat sidang yakni, penuntut umum dari Kejari Padangsidimpuan, H Maulid, SH, dan Sulaiman A Rifai. Serta Hakim dari PN Padangsidimpuan, Hasnul Tambunan.

Turut hadir, Wakapolres Kompol Sahril, mewakili Kejari Firmansyah, Ketua PN Lucas Sahabat Duha, SH MH, Kasatpol-PP Ali Ibrahim Dalimunthe, para PJU, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Padangsidimpuan, dan personel Dishub serta Satpol-PP.

Amatan wartawan Dalam giat tersebut petugas gabungan juga memberikan himbauan kepada Warga agar ikut serta menjaga situasi lingkungan dibidang kamtibmas di tengah Pamdemi di masa adaptasi kebiasaan baru dan tetap mematuhi protokel kesehatan salah satunya menggunakan masker.

Kegiatan Yustisi berakhir pukul 12.00 wib berlangsung lancar dan situasi aman terkendali. (sabar)

VIDEO