× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda aceh 300 Personil Polresta Banda Aceh Gelar Rapid Test

300 Personil Polresta Banda Aceh Gelar Rapid Test

143
SHARE
300 Personil Polresta Banda Aceh Gelar Rapid Test

300 anggota Polisi Resort Kota (Polresta) Banda Aceh jalani rapid tes. berlangsung di lapangan Indoor Polresta, Rabu (3/6/20)

Banda Aceh, sdaknews.com - Sebanyak 300 anggota Polisi Resort Kota (Polresta) Banda Aceh jalani rapid tes. Didukung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh, kegiatan ini berlangsung di lapangan Indoor Polresta, Rabu (3/6/20)

Kapolresta Banda Aceh Trisno. R mengatakan bahwa ini merupakan Screening awal bagi anggotanya yang sering melakukan kontak secara masal dalam mengayomi masyarakat.

“Rapid tes ini dalam rangka screening awal, karena para petugas kita, anggota Polri menurut saya sangat rentan karena sering berhubungan dengan masyarakat seperti Babinkamtibnas, Polantas, Sabhara dan petugas-pertugas lapangan lainnya,” ujar Kapolreta saat memantau pelaksaan rapid tes.

Kata Kapolresta, ini juga sebagai bentuk langkah indetifikasi kesehatan anggotanya setelah melaksanakan tugas lapangan. “Harapan saya mudah-mudahan tidak ada yang positif, ini adalah langkah awal yang saya lakukan untuk mengidentifikasi bagaimana anggota saya di lapangan setelah melaksanakan tugas,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh dr.Media Yulizar, MPH menyampaikan rapid tes ini sangat diutamakan kepada pihak yang dianggap beresiko. “Kita mendukung, karena memang untuk sreening ini diutamakan kepada yang beresiko antara lain tenaga kesehatan, petugas seperti polisi yang selalu berurusan dengan masyarakat. Nah itu yang kita anggap berisiko”.

Sebelumnya, Dinkes telah melakukan berbagai rapid tes bagi pihak yang berurusan langsung dengan masyarakat seperti Security, bagian umum, Humas dan lain sebagainya.

Setelah menajalani rapid tes, hasilnya akan diumumkan langsung melalui kontak yang tertera didata setiap anggota. Jika hasilnya reaktif maka akan dilaksanakan tes swab untuk mengetahui hasil yang lebih akurat. Selain anggota Polresta, rapid tes juga diikuti oleh 37 tahanan dan semuanya dinyatakan negatif covid-19. (D.ril)