× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah 6 TKI Imigran Dideportasi Imigrasi Malaysia Tiba di Pelabuhan Marapokot

6 TKI Imigran Dideportasi Imigrasi Malaysia Tiba di Pelabuhan Marapokot

361
SHARE
6 TKI Imigran Dideportasi Imigrasi Malaysia Tiba di Pelabuhan Marapokot

6 TKI sedang menjalani test kesehatan oleh tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Nagekeo.

Nagekeo, sidaknews.com - Setelah dideportasi Pemerintah Malaysia akhir Juni 2020 lalu melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Nunukan Kalimantan Utara, 6 (enam) orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) imigran tiba di Pelabuhan Penyebrangan Marapokot, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo NTT, Sabtu (04/07/2020).

Kedatangan TKI imigran disambut Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nagekeo untuk dilakukan pengecekan kesehatan serta suhu badan.

Tercatat, sebanyak 30 orang TKI imigran asal Provinsi NTT yang telah dideportasi Pemerintah Malaysia dengan fasilitas kepulangan TKI ke Daerah masing - masing difasilitasi Unit Pelaksana Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (UPTBP2MI) melalui jalur laut.

UPTBP2MI kupang

Sebelumnya Pemerintah Malaysia telah mendeportasi sebanyak 24 orang TKI pada gelombang I (satu) pertengahan juni 2020 lalu, titik masuknya di Pelabuhan penyebrangan Marapokot.

Pemerintah Malaysia telah memberlakukan kebijakan deportasi kepada TKI melalui konsulat RI yang berada di Malaysia yakni, over stay (tidak memeliki ijin tinggal), tersandung kasus narkoba dan tidak memiliki kelengkapan dokomen resmi.

Dikatakan UPTBP2MI Kupang, saat diwawancarai, bahwa akan memfasilitasi kepulangan TKI hingga sampai ke Kabupaten nya masing - masing.

"Kami UPTBP2MI Kupang akan memfasilitasi kepulangan 6 TKI ini ke daerah nya masing - masing dan 6 TKI berasal dari Kabupaten Sikka 2 orang, Kabupaten Timor 3 orang dan Kabupaten Flores Timur (Lembata) 1 orang, tutupnya. (M. yasin)

VIDEO