× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Antisipasi Kebakaran Lahan, Babinsa Gelar Komsos Karhutla di Desa Huta Bara

Antisipasi Kebakaran Lahan, Babinsa Gelar Komsos Karhutla di Desa Huta Bara

SHARE
Antisipasi Kebakaran Lahan, Babinsa Gelar Komsos Karhutla di Desa Huta Bara

Babinsa Koramil 07/Sosopan Kodim 0212/Tapsel Serda Tommi Jepisa melakukan komsos dengan menemui Warga Desa Hutabara Kecamatan Sosopan, Kabupaten Palas, Selasa (28/1/2020).

Palas, sidaknews.com - Jajaran TNI melalui Babinsa, terus berupaya mensosialisasikan dan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) terkait bahaya serta dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terhadap masyarakat.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya Karhutla hingga dapat dilakukan pengawasan secara bersama-sama. Dan sebagai himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan saat akan membuka lahan perkebunan. 

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan tersebut maka babinsa Koramil 07/Sosopan Kodim 0212/Tapsel Serda Tommi Jepisa melakukan komsos dengan menemui warga Desa Hutabara Kecamatan Sosopan, Kabupaten Palas, Selasa (28/1/2020). 

"Kami dari Babinsa menghimbau kepada masyrakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar, karena perbuatan itu bisa berujung pada tindak pidana yang bisa merugikan diri sendiri dan orang banyak, apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau yang cukup panjang, sehingga mengakibatkan terjadinya panas yang berkepanjangan yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkap Serda Tommi Jepisa.

Pihaknya bersama masyarakat sepakat untuk mensosialisasikan Karhutla kepada setiap pemilik lahan dan masyarakat pada umumnya untuk mencegah Karhutla di Desa Hutabarat Kecamatan Sosopan, sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman, imbuhnya. 

Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat yang selama ini belum tahu sudah mulai mengerti akan bahaya terjadinya Karhutla, pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Hutabara Aris Muda Siregar sangat berterima kasih kepada Danramil dan babinsa Sosopan 07 yang telah memberikan pemahaman tentang karhutla kepada warga desa Hutabara.

"Sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan," ucap Muda siregar. (Sabar)