× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda hukrim Bayar Hutang Dengan Uang Palsu, Irfan Yusa Dituntut 18 Bulan Bui

Bayar Hutang Dengan Uang Palsu, Irfan Yusa Dituntut 18 Bulan Bui

253
SHARE
Bayar Hutang Dengan Uang Palsu, Irfan Yusa Dituntut 18 Bulan Bui

Terdakwa Irfan Yusa bayar hutang pakai uang palsu.

Tanjungpinang, sidaknews.com - Jaksa Penuntut Umum menuntut terdakwa Irfan Yusa kasus selama 1 tahun dan 6 bulan penjara atas kasus mengedarkan uang palsu di Tanjungpinang, Kamis (25/6/2020).

Dalam tuntutan, Jaksa Penuntut Umum, Dasta Garinda Rahdianawati menyatakan perbuatan terdakwa terbukti secara sah bersalah melakukan perbuatan melawan hukum, sebagaimana melanggar pasal 36 ayat 3 undang-undang RI no 7 tahun 2011 tentang mata uang.

"Berdasarkan keterangan saksi dan barang bukti serta keterangan ahli dipersidangan, perbuatan terdakwa terbukti bersalah," kata Dasta Garinda Rahdianawati di Pengadilan Negeri Tanjungpinang.

Dasta Garinda Rahdianawati meminta majelis hakim yang mengadili perkara ini untuk menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama 1 tahun dan 6 bulan penjara dan membayar dengan Rp 100 juta.

"Apabila terdakwa tidak dapat membayar denda itu, maka digantikan hukuman selama 4 bulan penjara," tegasnya.

Setelah membaca tuntutan, Ketua Majelis Hakim Eduard P Sihaloho memberikan kesempatan kepada untuk menanggapi dan mengajukan pembelaan pada sidang minggu depan.

Sebelumnya pada Jumat (30/8/2019) lalu terdakwa meminjam uang kepada Baboi (DPO) sebesar Rp 400 ribu, setelah mendapat uang pinjaman itu terdakwa langsung dan mencurigai uang yang tersebut palsu.

Namun terdakwa tetap nekad mengunakan uang itu untuk membayar hutang ke Agusri yang disidangkan secara terpisah. Setelah menerima uang itu, Agusri memberikan uang itu ke Abdul Aziz untuk disimpan.

Mereka pun telah mencurigai uang pecahan Rp 50 ribu itu palsu, namun mereka tetap nekad membelanjakan ke sebuah warung kelontong Jalan Agus Salim Tanjungpinang.

Kemudian, pemilik warung mencurigai bahwa uang yang ia terima itu palsu, dan melaporkan ke Mapolsek Tanjungpinang Barat.

Dari laporan itu, anggota Polsek Tanjungpinang Barat langsung menuju ke lokasi dan mengamankan kedua pelaku, sementara dari keterangan kedua pelaku, bahwa uang itu mereka dapatkan dari terdakwa Irfan Yusa. (Red)

VIDEO