× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Belum Ada yang Positif, Gugus Tugas Madina COVID-19, Rilis 17 ODP

Belum Ada yang Positif, Gugus Tugas Madina COVID-19, Rilis 17 ODP

1706
SHARE
Belum Ada yang Positif, Gugus Tugas Madina COVID-19, Rilis 17 ODP

Kadis Kesehatan Madina dr Syarifuddin Nasution.

Mandailing Natal, sidaknews.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus Corona atau COVID– 19 Kabupaten Mandailing Natal (Madina), merilis sebanyak 17 orang masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Orang yang masuk ODP tersebut merupakan warga Madina yang datang dari Jawa Tengah, Jakarta, Padang Sumbar, Medan, Bandung," kata Kadis Kominfo Sahnan Pasaribu didampingi Kadis Kesehatan Madina kepada wartawan, selasa (24/3/2020).

Ia menyampaikan, yang ke 17 orang itu selama ini tinggal di daerah yang terpapar Covid-19, dan sesampainya di Madina mereka memeriksakan diri ke tenaga medis.

" pemeriksaan atas kesadaran mereka sendiri medatangi Puskesmas dan RSU Panyabungan, untuk di periksa dan di pantau oleh petugas kesehatan,"jelasnya.

Atas kesadaran mereka itulah ke 17 orang itu di tetapkan ODP, dan mereka di isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari,"terang mereka.

Selama pantuan, kata Sahnan, mereka di awas Petugas kesehatan dan mereka tekankan mengkonsumsi makanan yang dengan gizi seimbang protein tinggi dan banyak makan sayur dan buah vitamin C.

Sahnan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat terutama para orang tua untuk menjaga anak-anak di rumah dulu nggak usah keluyuran Karena kemarin kita razia Minggu lalu dengan Satpol PP masih banyak anak-anak yang ngumpul di warnet.

kita berharap masyarakat mematuhui anjuran pemerintah, seperti program social distance dan kurang aktivitas di luar rumah,"harap Sahnan.

Kadis kesehatan Madina dr Syarifuddin menambahkan, ke 17 ODP itu tidak dirawat, mereka hanya berada di rumah masing-masing di isolasi selama 14 Hari sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan dalam tanggap darurat, Alhamdulillah mereka sangat proaktif melaporkan diri kerena mereka datang dari daerah terpapar.

Sampai saat ini kata Syafruddin, kalau yang positif Corona mudah-mudahan di Mandailing Natal belum ada. Mereka 17 masih ODP, belum Pasien Dalam Perawatan (PDP).

Di harap warga jangan was-was jangan membuat panik Jangan membuat berita-berita yang tidak yang tidak benar dan bisa mengganggu psikis mereka yang tentu bisa juga menurunkan imunitas," harap Syarifuddin.

saran kita tetap yang pertama PHBS perilaku hidup bersih sehat dan lingkungan jaga kesehatan yang kedua kita berharap masyarakat jangan panik jangan resah yang ketiga, ya tentu tetap kita tetapkan SOP kalau bisa memang social distance,"ujar Syarifuddin. (Putra)