× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda pendidikan Bersiap New Normal, Sekolah Harus Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Bersiap New Normal, Sekolah Harus Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

528
SHARE
Bersiap New Normal, Sekolah Harus Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Kepsek SMP Negeri 3 saat memperlihatkan brosur tentang cara mengatasi Covid 19 (foto/Ist)

Tanah Karo, sidaknews.com - SMP N 3 Berastagi menyiapkan mekanisme new normal yang akan diterapkan di lingkungan sekolah. Kepala SMP N 3 Berastagi Sri Henni Beru Saragih  menjelaskan, di saat rapat bersama guru membahas mengenai penerapan new normal dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Ini sebagai langkah menghindari sekolah menjadi tempat penularan Covid-19 saat dibuka kembali.

“Jadi dalam pembelajaran tatap muka di sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sekolah harus mempersiapkan hal itu,” katanya usai rapat bersama seluruh Guru SMP Negeri 3 Berastagi, Selasa (16/06/2020).

Juga dikatakannya, selain penerapan protokol kesehatan seperti menyediakan keran dan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, pengukuran suhu tubuh warga sekolah sebelum masuk ke lingkungan sekolah, memakai masker dan menyediakan hand sanitizer, sekolah wajib membuat jarak tempat duduk siswa di kelas, jumlah murid pun dibatasi sebanyak 15 orang.

“Pembatasan jumlah isi kelas ini dilakukan untuk menghindari penumpukan murid di kelas,” imbuhnya.

Ditambahkannya lagi, kebijakan penerapan new normal tersebut akan mungkin diaplikasikan dalam waktu dekat setelah new normal ini berlaku di Kabupaten Karo atau setelah keluar surat edaran nanti tentang kebijakan pembelajaran pada kondisi kenormalan baru terkait masa darurat Covid-19 di Kabupaten Karo kususnya.

Untuk diketahui, tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang, dan Pemerintah Kabupaten Karo  telah memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa PAUD hingga SMP sampai ahir bulan Juni ini .

Di tempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kab Karo Eddy Suryanta Surbakti ketika di konfirmasi wartawan tentang menuju Sekolah New Normal mengatakan, betul, semua SD, SMP maupun sampai ke tingkat PAUD sudah saya instruksikan kepada Kepala Sekolah masing masing agar menerapkan atau mempersiapkan penyambutan New Normal untuk tahun ajaran baru ini, karena menurut surat edaran dari Mentri Pendidikan akan bisa sekolah pada tahun ajaran baru ini bagi wilayah zona hijau, jadi kab Karo kan masih status zona merah, jadi belum bisa kita pastikan kapan mulai masuk sekolah atau tatap muka sama siswa/i sebelum ada surat dari Gugus Tugas Kabupaten Karo .

Tapi walaupun demikian, sudah saya perintahkan seluruh sekolah agar mempersiapkan semua atau mengikuti protokol kesehatan jika kabupaten karo turun status menjadi zona hijau agar benar benar sudah siap menerima siswa/i tahun ajaran baru nantinya " Ucapnya. (AS)

 

VIDEO