× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah BPBD Kabupaten Blitar Waspada Angin Kencang Imbau Warga Potong Pohon Besar di Sekitar Pemukiman

BPBD Kabupaten Blitar Waspada Angin Kencang Imbau Warga Potong Pohon Besar di Sekitar Pemukiman

202
SHARE
BPBD Kabupaten Blitar Waspada Angin Kencang Imbau Warga Potong Pohon Besar di Sekitar Pemukiman

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik (foto istimewa.sidaknews.com)

Blitar.sidaknews.com - BPBD Kabupaten Blitar Guna mengantisipasi dampak bencana alam yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar meminta warga siaga dan waspada terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi.

Menyikapi hal itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, Rabo 25/11/2020, menghimbau masyarakat supaya memperhatikan kondisi lingkungan sekitar terutama yang memiliki pohon besar agar segera dilakukan pemotongan. Karena, akhir - akhir ini hujan deras yang melanda Kabupaten Blitar disertai angin kencang. Sehingga perlu dilakukan antisipasi supaya tidak terjadi pohon tumbang di rumah warga.

Selain itu, Ia juga meminta para Camat agar seluruh Kepala Desa/Kelurahan menggalakkan prinsip gotong royong bersih - bersih saluran air dan lain sebagainya. Apabila segala antisipasi sudah dijalankan dengan baik, maka resiko bencana alam dapat diminimalkan." Jelasnya.

Cholik menambahkan, sejauh ini dari 22 Kecamatan ada 10 wilayah yang rawan bencana tanah longsor yakni Garum, Doko, Gandusari, Kesamben, Panggungrejo, Kademangan, Wlingi, Selorejo, Bakung dan Wates. Sedangkan bencana banjir di Kecamatan Sutojayan dan angin kencang dapat terjadi di beberapa wilayah. Dimana Daerah Kabupaten Blitar mempunyai potensi bencana alam yang sangat tinggi karena letak wilayahnya banyak yang berada di daerah pegunungan ada juga yang terdapat di pesisir laut. tentunya ini perlu respon cepat melalui berbagai persiapan dan tindakan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam." Jelas Cholik. (Bas/adv/Kmf)

VIDEO