× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda tual BPJamsostek Gelar Custumer Gathering and Relationship

BPJamsostek Gelar Custumer Gathering and Relationship

585
SHARE
BPJamsostek Gelar Custumer Gathering and Relationship

Langgur,sidaknews.com - Pandemi Covid-19 sudah berjalan hampir satu tahun lamanya. Banyak hal yang seketika berubah begitu cepat. Tidak terkecuali sektor industri dan ketenagakerjaan. Begitu banyak aktifitas usaha yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini. Tidak sedikit pula perusahaan yang terpaksa melakukan berbagai langkah efisiensi dalam rangka beradaptasi menghadapi pandemi Covid-19 ini. Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan memotivasi perusahaan-perusahaan peserta, BPJamsostek berinisiasi melakukan Customer Gathering and Relationship dengan tema Tetap Produktif dan Terlindungi di Masa Pandemi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Desember 2020, di Hotel Grand Vilia Langgur yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan platinum peserta BPJamsostek. Turut hadir sebagai narasumber, Ema B. Lenunduan, selaku Kepala UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Regional IV Provinsi Maluku.

“Kami berupaya untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan para perusahaan peserta BPJamsostek, untuk itu kami berinisiatif mengadakan acara ini, tentunya dengan tetap menerapkan protocol kesehatan Covid-19 yaitu dengan menerapkan 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, dan Menjaga Jarak, red),” ujar Saleh selaku kepala BPJamsostek Cabang Tual Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru.

Dalam acara ini dibahas mengenai peningkatan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sesuai amanat PP Nomor 82 Tahun 2019.

“Selain ingin meningkatkan silaturahmi dengan para perusahaan peserta, kami juga ingin menyampaikan amanat kenaikan manfaat JKK dan JKM sesuai PP Nomor 82 Tahun 2019. Manfaat santunan kematian program JKM yang asalnya Rp24 juta kini meningkat 75% menjadi Rp42 juta. Manfaat Beasiswa program JKK dan JKM meningkat paling signifikan, dari Rp12 juta untuk satu orang anak, kini menjadi maksimal Rp174 juta untuk 2 orang anak, pendidikannya ditanggung dari TK sampai dengan sarjana. Iurannya tidak naik, tapi manfaatnya yang naik. Sungguh luar biasa,” tambah Saleh.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Regional IV Provinsi Maluku, Ema B. Lenunduan, menghimbau kepada para perusahaan untuk dapat jujur dalam melaporkan hal ihwal ketenagakerjaan khususnya dalam penegakkan norma jaminan sosial.

“Dalam masa pandemi ini, perlindungan tenaga kerja tidak boleh diabaikan. Perusahaan harus mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJamsostek. Ini semua sudah diatur oleh undang-undang. Kalau perusahaan abai dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk para pegawainya, maka ketika terjadi risiko kerja kepada mereka, perusahaan lah yang harus bertanggungjawab dengan memberikan manfaat yang minimal setara dengan manfaat yang diberikan oleh BPJamsostek. Ini semua semata-mata untuk memberikan rasa aman kepada seluruh tenaga kerja sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif,“ ujar Lenunduan.

Selain itu, dalam acara tersebut juga diadakan sesi diskusi dan tanya jawab terkait pelaksanaan layanan oleh BPJamsostek.
“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan acara customer gathering ini. Terima kasih Pak Saleh dan tim, jujur saja, acara ini adalah yang pertama diadakan sepanjang kami menjadi peserta BPJamsostek. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan,” ujar Eddy selaku manajer dari CV Papua Sejahter (Gota Supermarket). (Aladin Sukma)