× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Bripka Amun K. Siregar Melatih Beladiri Ikhlas Tanpa Mengharap Imbalan

Bripka Amun K. Siregar Melatih Beladiri Ikhlas Tanpa Mengharap Imbalan

747
SHARE
Bripka Amun K. Siregar Melatih Beladiri Ikhlas Tanpa Mengharap Imbalan

Bripka Amun K. Siregar, S.H., saat berlatih Tarung Derajat bersama anak didiknya

Sidimpuan, Sidaknews.com - Masih banyak orang yang beranggapan bahwa berlatih beladiri sama dengan berlatih kekerasan. Olah tubuh ini mengajarkan cara memukul, menendang, menyerang, menghindar dan menangkis, yang merupakan gerakan-gerakan umum pada sebuah perkelahian.

Beberapa manfaat berlatih beladiri antara lain yang pertama adalah sebagai sarana membeladiri atau keselamatan, sebab terkadang niat jahat seseorang (pelaku kejahatan) menghindari atau mengurungkan niat setelah melihat dan mengetahui lawannya tenang, percaya diri dan berani karena menguasai beladiri.

whatsapp_image_2020-11-26_at_11.46.34_pm_(1)

Yang kedua untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit, gerakan-gerakan tertentu, terutama yang mengedepankan unsur kecepatan mampu memacu Fungsi Jantung dan Paru-paru sehingga peredaran darah dan nafas akan lebih lancar.

Selanjutnya adalah membuat otot lebih kuat, Cekatan, Tangkas dan Fleksibel, keempat adalah meningkatkan kedisiplinan, pasalnya setiap bela diri pastinya akan memilki teknik/jurus dan aturan yang harus diterapkan dengan kedisiplinan, karena tanpa disiplin hasil dari latihan tidak akan maksimal, tingkatan dalam beladiri dengan sendirinya juga memaksa seseorang untuk berusaha dengan disiplin.

Sebagai contoh adalah dalam ujian kenaikan sabuk, walaupun penguasaan tekniknya bagus, namun penerapan atau kecepatannya tidak memenuhi syarat tentu akan gagal, itulah beberapa manfaat ilmu beladiri yang di peragakan Bripka Amun K. Siregar, S.H., kepada murid didiknya.

Pria yang bertugas di Kaur Identifikasi Sat Reskrim Polres Padangsidimpuan secara suka rela tanpa mengharapkan Imbalan, ini merupakan Insiatif sendiri melatih beladiri Tarung Derajat bagi pelajar dan anak muda yang berlokasi di SMP N 9 Jl. Ompu Sarudak Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan.

“Latihannya dilaksanakan setiap hari Jum’at dan Sabtu, dan Minggu disaat itu waktu tugas saya sedikit luang, mudah-mudahan dengan berbagi Ilmu Beladiri kepada adek-adek pelat dan anak muda dapat bermanfaat bagi mereka dikemudian hari” ungkap Bripka Amun K. Siregar, S.H., ketika ditemui awak media.

Adapun tujuan utama Bripka Amun melatih para pelajar dan pemuda ini agar bisa berprestasi dan tidak terpengaruh dengan Narkoba.

“Saya rasa kita semua sepakat, bahwa ini sangat bermanfaat bagi pelajar dan anak muda selain untuk kebugaran juga mengajarkan disiplin dan tentunya bisa meraih prestasi di bidang olahraga, dengan terus rajin berlatih,” ungkapnya.

Disinggung, apakah pimpinan tempatnya bertugas memberikan izin untuk melatih pelajar dan Anak Muda ilmu bela diri dimaksud, Amun Siregar mengatakan bahwa hal tersebut termasuk program dari Polri dan Polres Padangsidimpuan.

“Disetiap kesempatan, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini S.IK., M.H., terus meng-instruksikan agar ciptakan rasa aman dan jadilah sahabat masyarakat dan Kapolres Padangsidimpuan sangat peduli dengan masyarakat terutama dunia pendidikan, mungkin dengan langkah ini juga termasuk yang dimaksud Pimpinan," pungkasnya. (Sabar)

VIDEO