× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Daerah Karo Mulai Diselimuti Kabut Asap, Ini Bupati Kepada Masyarakat

Daerah Karo Mulai Diselimuti Kabut Asap, Ini Bupati Kepada Masyarakat

323
SHARE
Daerah Karo Mulai Diselimuti Kabut Asap, Ini Bupati Kepada Masyarakat

Kabut asap di perladangan warga terlihat dari kejauhan.

Karo, sidaknews.com - Kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan di Jambi dan Riau sudah mulai menyelimuti memasuki wilayah kabupaten Karo, Tampak di beberapa wilayah di Kota Kabanjahe dan Berastagi, kabut asap cukup terlihat tebal. Sejumlah perkantoran dan arus lalulintas dijalan raya mulai tertutup kabut asap.  Senin (23/09/2019).

Sehingga, untuk mengantisipasi dan meminimalisir terganggunya kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan. Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karo Ir. Martin Sitepu menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas diluar rumah bila tidak penting.

“Lebih baik jangan beraktifitas diluar rumah kalau tidak ada urusan penting. Kalaupun ada urusan, sebaiknya menggunakan masker agar terhindar dari paparan kabut asap,”ujarnya.

Sebab selain kabut asap, pernapasan kita juga sering terkontaminasi dengan asap merokok, obat nyamuk bakar, tunggu perapian dan sebagainya.

Untuk itu, lebih lanjut dikatakannya, usahakan perbanyak mengkonsumsi air putih dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Penampungan air minuman dan makanan harus ditutup rapat. Cuci buah dan sayuransebelum dikonsumsi,”ujarnya.

Hal ini penting dilakukan karena mengingat kabut asap bisa menyebabkan iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan serta infeksi saluran pernafasan.

Sedangkan terkait langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan. BPBD Kabupaten Karo telah melakukan langkah pencegahan dengan cepat dan tepat dan terus berkoordinasi dengan TNI, POLRI, Dinas Kehutanan Provsu dan Manggala Agni. (Anita)

VIDEO