× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Danlantamal I Sambut Kapal Latih Taruna AAL KRI Bima Suci di Belawan

Danlantamal I Sambut Kapal Latih Taruna AAL KRI Bima Suci di Belawan

575
SHARE
Danlantamal I Sambut Kapal Latih Taruna AAL KRI Bima Suci di Belawan

Kapal Taruna AAL KRI Bima Suci saat bersandar di pelabuhan Ujung Baru Belawan.

Belawan, sidaknews.com - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) I, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menyambut kapal latih taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) KRI Bima Suci dikomandoi Letkol Laut (P) Waluyo, yang tiba di Dermaga Pelabuhan Ujung Baru, Belawan dalam rangka operasi Kartika Jala Krida (KJK), Sabtu (24/10/2020).sambut kap

Danlantamal I dalam keterangannya kepada wartawan menyebutkan, KRI Bima Suci, saat ini sedang melaksanakan Operasi KJK Taruna AAL tingkat 3 angkatan 67 yakni dalam rangka latihan teknik pelayaran muhibah keliling Indonesia.

Lebih lanjut Danlantamal I mengatakan, KRI Bima Suci mengawali pelayarannya dari Dernaga Koarmada II Surabaya pada tanggal 26 September 2020 lalu dengan tujuan Lampung, Padang, Sabang, Belawan kemudian akan melanjutkan pelayaran menuju Tanjung Uban, Ranai, Tarakan, Sorong, Tual, Kupang dan kembali ke Surabaya pada tanggal 2 Januari 2021.

"Taruna Taruni AAl yang turut dalam pelayaran KRI Bima Suci sebanyak 85 orang, terdiri dari 75 taruna dan 10 taruni, sedangkan putra-putri asal Sumatera Utara sebanyak 7 orang, mereka akan mempraktekkan ilmu pelajaran yang telah diterima di bangku kuliah," ujar Danlantamal I.

Lantamal I juga menginformasikan, kapal latih taruna AAL, KRI Bima Suci merupakan buatan galangan Naviles Freire Shipyard di Vigo Spanyol, dan mulai bergabung kedalam jajaran TNI AL pada tanggal 12 September 2017 di bawah Komando Armada II Surabaya.

Kapal latih Taruna AAL tersebut memiliki spesifikasi atau tipe kapal barque/bare dengan panjang 111,2 meter dan lebar 13,65 meter dengan bobot 2.346 ton serta draf 6 meter, kecepatan mesin 12 knots, dan jika menggunakan layar kecepatan maksimum 15 knots dengan jumlah layar sebanyak 26 buah, kapasitas personel bisa mencapai 203 orang.

Penyambutan kapal latih Taruna AAL dilaksanakan dengan prosedur protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dengan melaksanakan rapid test, menggunakan masker, jaga jarak dan dianjurkan untuk selalu mencuci tangan.

Selain itu, kedatangan KRI Bima Suci disambut dengan tarian serta pengalungan bunga dan pemberian ulos khas Batak oleh Danlantamal I kepada Komandan KRI Bima Suci.

Turut hadir dalam acara tersebut Danguskamla Armada I Laksma TNI Yayan Sofyan ST MM, Seklem AAL Laksma TNI Yosep Sunaryo, Waka Polda Sumut Brigjen Pol DR. Dadang Hartanto, perwakilan Pangdam I/BB, Gubernur Sumut, Pangkosek Hanudnas, Dirut Pelindo. (H)

VIDEO