× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Di Ranto Baek, Bupati Madina Juga Perbaiki Bendungan yang Jebol

Di Ranto Baek, Bupati Madina Juga Perbaiki Bendungan yang Jebol

SHARE
Di Ranto Baek, Bupati Madina Juga Perbaiki Bendungan yang Jebol

Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution bersama masyarakat Kecamatan Ranto baek ketika meninjau irigasi yang jebol karena banjir di Desa Simpang Talap, Sabtu (25/1/2020)

Mandailing Natal, sidaknews.com - Usai meninjau jembatan rusak, Bupati Mandailing Natal (Madina), Drs Dahlan Hasan Nasution menyempatkan memperbaiki bendungan dan irigasi yang jebol akibat banjir beberapa waktu yang lewat di Kecamatan Ranto baek, sabtu (25/1/2020)

Bendungan dan irigasi yang jebol tersebut berada di Desa Simpang talap dan Desa Muara Bangko, Kecamatan Ranto baek.

Dalam kunjungannya ke ranto baek Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution didampingi H. Aswin Parinduri, Wakil ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Nasution dan anggota DORD dari Fraksi Golkar Madina, Sobir Lubis, SH, Arsidin Batubara, Syariful Lubis (Sarling) dan OPD.

Salah seorang tokoh masyarakat Ranto baek, Zainal Bahri kepada wartawan menuturkan, bahwa satu tahun lalu, irigasi ini hancur diterjang banjir yang mengakibatkan pengairan sawah untuk tiga desa atau sekitar 100 hektar menjadi terganggu.

"bukan hanya menganggu pengairan sawah, jebolnya irigasi ini juga menyebabkan sebagian masyarakat tidak bisa menanam padi karena air tidak mengalir".ungkapnya.

Lanjutnya, banjir yang terjadi pada tahun lalu tersebut juga membuat aliran sungai ranto baek berpindah, sehingga banyak sawah rusak dan kebanjiran, sementara didesa lainnya sawah tidak dialiri air karena irigasi yang jebol.

"Warga tiga Desa tersebut yaitu Desa simpang talap, Desa manisak dan Desa Huta baringin. Memang kita juga sudah mencoba untuk memperbaiki irigasi ini dengan swadaya masyarakat dengan pungutan biaya rp 10 ribu per pantak sawah, yang dananya digunakan untuk menyewa alat berat. Namun, upaya ini tidak maksimal karena keterbatasan alat dan biaya".terangnya

Dan Alhamdulillah imbuhnya, Keluhan warga ini akhirnya terdengar oleh Pak Bupati Madina dan langsung menurunkan tim untuk melakukan perbaikan dilokasi irigasi yang hancur ini. Kemudian, Pak Bupati Madina juga berjanji akan memperbaiki irigasi ini tanpa menunggu anggaran dari APBD.

Sementara plt Kepala Desa Muara Bangko Damrah Lubis menyampaikan, bendungan di sungai simpang rusak jebol akibat banjir beberapa waktu yang lewat.

Akibat dari jebolnya tanggul bendungan tersebut mengakibatkan Persawahan di desa muara bangko kekeringan,"ungkapnta

Menanggapi jebolnya tanggul irigasi atau bendungan di dua desa tersebut Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution, secepatnya memperbaikinha

"akan segera melakukan perbaikan irigasi yang jebol tersebut agar masyarakat bisa dengan segera bersawah kembali. Saya akan meminjam alat berat dari perusahan yang ada disekitar Kecamatan Ranto baek dan akan mengawasi sendiri langsung proses pengerjaan irigasi ini".tegasnya

Kemudian Dahlan juga menyampaikan bahwa, irigasi yang jebol ini akan selesai dikerjakan, sehingga warga bisa bersawah kembali,"ucapnya. (putra)