× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah DLH Kabupaten Blitar Padukan Konservasi Edukasi dan Sarana Rekreasi di TPA Tegal Asri Wlingi

DLH Kabupaten Blitar Padukan Konservasi Edukasi dan Sarana Rekreasi di TPA Tegal Asri Wlingi

236
SHARE
DLH Kabupaten Blitar Padukan Konservasi Edukasi dan Sarana Rekreasi di TPA Tegal Asri Wlingi

Blitar, sidaknews.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, memiliki beberapa program pengelolaan sampah seperti Balistik (Blitar Libas Sampah Plastik) nyata membuat Blitar sukses mengelola sektor persampahan semakin terdepan dalam bidang pengelolaan sampah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kota/kabupaten lain yang belajar pengelolaan Bank Sampah ke Kabupaten Blitar. Salah satu yang dipelajari yakni pengolahan sampah plastik, TPA Tegal Asri di Kecamatan Wlingi.
Kepala DLH Kabupaten Blitar Ir Krisna Triatmanto melalui Kepala Seksi (Kasi) Persampahan DLH Eko Harnanto, Rabu (21/10/2020).

Tempat Pembuangan Sampah ( TPA) Tegal Asri Wlingi selama ini menjadi tempat pemrosesan akhir sampah yang berfungsi maksimal, DLH juga aktif memberikan pembinaan dan pendampingan kepada Bank Sampah melalui dana yang bersumber dari APBD maupun Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Tak heran memang bila pengelolaan sampah di Kabupaten Blitar menjadi rujukan bagi daerah lain dan lembaga terkait. Selain sebagai tempat pembuangan sampah dan pengolahan sampah, TPA ini juga berfungsi menjadi sarana edukasi dan tempat bermain serta olahraga masyarakat sekitar, kesan jorok dan kotor akan berubah seketika ketika kita mengunjungi tempat ini.

Adanya pemrosesan destilasi sampah plastik menjadi BBM berupa premium dan solar adalah salah satu program unggulan TPA yang ada di kabupaten Blitar. Bahan baku 10kg plastik bening bekas bungkus makanan bisa disuling menjadi 7liter sampai 8 liter BBM, dan residunya menjadi aspal, kita manfaatkan untuk aspal untuk tambal sulam jalan berlobang di sekitar TPA.

Untuk pupuk ini kita juga proses pupuk kompos, kita juga memberikan sedikit untuk masyarakat sekitar cuma cuma, juga untuk kebutuhan pertaman di DLH kab Blitar, kami juga berikan cuma cuma kepada warga sekitar yang membutuhkan. Kita juga memproduksi gas metan untuk kebutuhan sehari-hari TPA dan masyarakat sekitar, sementara masih sepuluh KK karena kapasitasnya masih belum besar.

Bank Sampah dan TPA di Kabupaten Blitar bukan sekedar pengelolaan saja. Tapi ada daur ulang dan sarana rekreasi serta edukasi. Dan dari kami berharap kedepan tim dari provinsi bisa ikut memberikan sentuhan pengelolaan Bank Sampah dan TPA di Kabupaten Blitar, melalui bantuan anggaran untuk mencukupi sarana dan prasarana Bank Sampah dan TPA,” imbuhnya.

“Ini menjadi motivasi kami dari DLH. Semoga kedepan semakin banyak Bank Sampah dan TPA di Kabupaten Blitar yang dikunjungi sebagai sarana edukasi, olahraga baik oleh lembaga pemerintah maupun CSR dari perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan,” tegas Eko.

Yotti Hadiana SP Bidang kebersihan dan Pertamanan menjelaskan, kegiatan yang ada Di TPA Tegal Asri Antara lain edukasi terkait Pengomposan, pengelolaan plastik menjadi BBM, pemanfaatan Gas metan yang dari situ dibuatlah Cafee metan (cafee manfaat Gas methane), dan disalurkan ke warga sekitar, pengelolaan Lindi dan pembuatan taman untuk arena bermain murah meriah dan ramah lingkungan bagi warga sekitar." Imbuhnya,Yotti Hadiana. (Bas/ADV/Kmf)

VIDEO