× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Dua Desa di Pagar Alam Terendam Banjir dan Longsor Akibat Derasnya Hujan

Dua Desa di Pagar Alam Terendam Banjir dan Longsor Akibat Derasnya Hujan

SHARE
Dua Desa di Pagar Alam Terendam Banjir dan Longsor Akibat Derasnya Hujan

Lahat, sidaknews.com - Hujan yang Berintensitas Lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Lahat menyebabkan Longsor dan Banjir di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Di antaranya di pemukiman warga Kelurahan Pagar Agung RT 2 RW 01 Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Samping Masjid Almutaqin mengalami Lonsor diduga karena Derasnya Hujan yang mengguyur Kota Lahat pada dini hari tadi, Jumat 07 Februari 2020.

Pantauan awak media tampak terlihat warga setempat bersama Anggota BPBD Lahat sedang membersihkan tanah yang sudah menimbun dinding milik salah seorang warga setempat.

Anggota BPBD Lahat yang turut kelokasi kejadian lonsor mengatakan warga dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat telah membersihkan pohon yang tumbang serta mengeruk tanah yang telah menimbul dinding rumah milik warga.

Demi Keamanan Para warga di sekitar Lonsor, Ketua RT Setempat menghimbau supaya para warga yang rumahnya terkena dampak longsor untuk mengungsi ke tempat aman terlebih dahulu.

Karena ditakutkan longsor susulan akan terjadi lagi, mengingat curah Hujan masih cukup Deras, dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor ini” Ujar Otong Ketua RT 2 Pagar Agung.

Terpisah Kepala BPBD Lahat Marjono melalui Petugas Lapangan BPBD Kuat Akhirudin mengatakan BPBD Lahat mendapat informasi dari warga setempat mengenai adanya longsor dan banjir di wilayah tersebut.

Untuk di Kelurahan Pagar Agung Tim Satgas BPBD langsung Menangani Longsor yang terkena rumah warga serta membantu membersihkan pohon yang menimpa Rumah dengan menggunakan mesin Sinso dan alat lainnya.

Ia menambahkan kejadian bencana banjir dan longsor pada hari Jumat (07/02/2020) untuk Lokasi longsor ada beberapa titik yaitu Jln.Raya Lintas Lahat Kel.Pagar Agung (Desa Gumay Talang), Jln.Lintas Lahat-Pagar Alam, (Desa Muara Siban Perbatasan Desa Jati) Kecamatan Pulau Pinang.

“Untuk Lokasi Di Desa Gumay Talang Telah Diturunkannya Alat Berat Dari PT.BRU langsung melaksanakan pembersihan. Dan di desa Muara Siban perbatasan Jati BPBD, BLH, Polsek,Camat Pulau Pinang dan warga membersihkan dengan alat manual,dan Alhamdulillah sudah bisa di lewati kendaraan roda dua dan roda empat “, ujarnya.

Selanjutnya Lokasi Banjir di Desa Batay 26 rumah terendam sedalam _+ 2 meter. Sedangkan di Desa Gunung Kembang 15 Rumah Terendam 1,5 Meter Kurang.

Beruntung tidak ada tidak ada Korban jiwa dari bencana longsor dan banjir tersebut”, katanya.

Ia menambahkan untuk siaga dan waspada bila terjadi banjir dan longsor susulan di jalur tersebut Serta Untuk Berhati-hati karna jalan Licin dan segera melaporkan ke BPBD Lahat untuk melaksanakan tindakan selanjutnya. (Sumber: Prioritas.co.id)