× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda ekonomi, sumut Efek Virus Covid-19, Berdampak Pada Pengusaha Kopi di Madina

Efek Virus Covid-19, Berdampak Pada Pengusaha Kopi di Madina

SHARE
Efek Virus Covid-19, Berdampak Pada Pengusaha Kopi di Madina

Stok kopi Mandailing di gudang KSU.

Mandailing Natal, sidaknews.com - Sejak virus corona atau covid 19, mewabah di Indonesia, berimbas kepada perekonomian, salah satunya pengusaha Kopi di Mandailing Natal (Madina), yang mengalaminya penurunan penjualan hingga 50%.

Banamon Mandheling Coffee yang di produksi Koperasi Kopi Mandailing Jaya mengalami penurunan sampai 50%,"kata Zulham Riadi Lubis Sekretaris didampingi Idris Sandi Matondang manager KSU Kopi Mandailing Jaya.

"Biasanya Banamon Coffee memasok kopi dalam bentuk greenbean dan rostbean terhadap kafe atau coffee shop di pulau Jawa namun trend permintaan cendrung menurun, ketika pihaknya menghubungi para pemilik kafe mereka beralasan bahwa pengunjung kafe sunyi akibat orang menghindari keramaian akibat virus covid 19,"Ujarnya.

Selanjutnya Zulham mengatakan bahwa saat ini memang untuk kopi mandailing bukan sedang puncaknya panen, namun panen tetap ada, maka KSU Kopi Mandailing Jaya telah mengeluarkan himbauan kepada anggota dan masyarakat untuk tetap memanen kopinya agar pohon tidak rusak. "Kita himbau kepada para anggota dan masyarakat sekitar untuk tetap memanen kopinya agar pohon kopi tidak rusak" ujarnya.

Idris Sandi Matondang Manager KSU Kopi Mandailing Jaya menambahkan, bahwa stok di gudang KSU menumpuk akibat trend permintaan pasar yang cenderung menurun, dan memang beberapa pengepul kopi telah menurunkan harga atau bahkan ada yang menghentikan pembelian gabah petani sama sekali.

"pengepul kopi mulai menurunkan harga dan bahkan telah ada yang tidak lagi membeli gabah kopi dari petani". Ujarnya.

Sandi menghimbauan petani untuk tetap memanen kopinya dan menjemur gabah kopinya pada kadar 14 sampai 12 % agar dapat disimpan lama atau menjamurnya dalam bentuk biji merah sampai kadar air 14% agar dapat disimpan lama. (putra)

VIDEO