× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Ending Aksi Demo Jilid II Pulangkan Ratusan TKA PT BAI

Ending Aksi Demo Jilid II Pulangkan Ratusan TKA PT BAI

752
SHARE
Ending Aksi Demo Jilid II Pulangkan Ratusan TKA PT BAI

Situasi saat Mahasiswa demo di depan kantor Disnaker Bintan Tempo hari.

Bintan, sidaknews.com - Sudah usai untuk yang kedua kalinya sejumlah mahasiswa yang tergabung di Aliansi Mahasiswa Kepulauan Riau (AMK) melakukan demo di beberapa tempat salah satunya di Kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bintan, Selasa (25/08/2020).

Dalam aksi demo yang dimaksud, Mereka meminta Tenaga Kerja Asing (TKA) yang akan dipekerjakan oleh pihak PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kampung Galang Batang, Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Untuk segera dipulangkan dengan berbagai pertimbangan maupun alasan tertentu.

Selain itu, AMK juga meminta transparansi kepada dinas terkait mengenai jumlah ratusan TKA disana. Terakhir, Sebuah hal yang sangat luar biasa adalah mempertanyakan komitmen Disnaker Bintan untuk mengawal atau mendampingi penerimaan 20 ribu pekerja tempatan di PT tersebut.

Kepala Disnaker Bintan, Indra Hidayat hanya menjawab pengawasan TKA berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Presiden Nomor 20 tentang Tenaga Kerja Asing berada di Pemerintah Provinsi.

" Pemkab Bintan sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) agar tenaga kerja lokal dapat bekerja di PT BAI. Ada 1.300 pelamar yang mendaftar ke Disnaker Bintan untuk bekerja dan dalam proses verifikasi dan seleksi dari pihak perusahaan, " Ujar Indra saat dihubungi awak media.

terlepas dengan hal diatas, Zulkarnain salah seorang bagian dari AMK menyampaikan secara sederhana hasil aksi demo jilid dua kemarin.

" Rencana bakal digelar diskusi publik sama pihak terkait. Nanti mereka yang memfasilitasinya, Pihak mahasiswa diminta untuk mengundang masyarakat, Ormas dan sebagainya. Untuk waktu belum tahu kapan, " Ungkapnya penuh penjelasan.

Ia bersama rekan - rekan lainnya dari aliansi akan berperan aktif untuk mensukseskan acara tersebut karena turut berperan menjadi fasilitator untuk teknis acara diskusi publik nantinya. (Alek)

VIDEO