× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Farrer Park Hospital Terapkan Pengobatan Noninvasif bagi Pasien Kanker Prostat di Singapura

Farrer Park Hospital Terapkan Pengobatan Noninvasif bagi Pasien Kanker Prostat di Singapura

SHARE
Farrer Park Hospital Terapkan Pengobatan Noninvasif bagi Pasien Kanker Prostat di Singapura

Prostate cancer.

SINGAPURA, sidaknews.com - Farrer Park Hospital dengan gembira mengumumkan keberhasilannya sebagai pihak pertama di Asia Tenggara yang menerapkan Focal One® High-Intensity Frequency Ultrasound (HIFU) Robotic Technology, metode pengobatan noninvasif bagi kanker prostat. Metode ini ditujukan untuk penderita kanker prostat tahap awal.

Kanker prostrat menjadi jenis kanker terbanyak yang diderita pria Singapura[i]. Saat didiagnosis, sebagian besar pria penderita kanker prostat tidak memiliki gangguan kandung kemih, kesulitan buang air kecil, atau rasa sakit. Diagnosis ini berasal dari tes darah yang disebut prostate-specific antigen (PSA), serta biopsi prostat lebih lanjut yang menunjukkan sel kanker.

Dr. Chong Kian Tai, Consultant Urologist dan Chairman, Focal One® Prostate Cancer Advisory Committee, berkata, "Untungnya, kebanyakan pasien kanker prostat didiagnosis pada tahap awal. Sel kanker masih terpusat di dalam kelenjar prostat dan belum menyebar ke bagian tubuh lain. Focal One® HIFU memberikan pengobatan terfokus secara akurat dan dapat diandalkan. Metode ini memberikan hasil yang baik untuk para pasien kanker prostat tahap awal."

Teknik noninvasif ini tidak melibatkan pembedahan dan mengurangi komplikasi yang dapat timbul akibat pengobatan kanker prostat, seperti inkontinensia dan impotensi. Pengobatan tersebut berlangsung selama satu hari sehingga pasien bisa dengan cepat kembali ke rutinitasnya.

Farrer Park Hospital menjadi tuan rumah untuk lokakarya pembedahan secara langsung (live surgery workshop) selama dua hari. Acara ini diadakan The Singapore Urological Association (SUA) pada 18 dan 19 November 2019. Dalam kegiatan tersebut, para urolog SUA belajar menggunakan perangkat Focal One® HIFU sebagai pengobatan prostat.

Perangkat Focal One® HIFU meraih izin US Food and Drug Administration (FDA) pada Juni 2018 dan Health Sciences Authority (HSA) di Singapura.

Tentang Farrer Park Hospital

Farrer Park Hospital ialah rumah sakit swasta terbesar yang berfokus pada layanan pengobatan tersier untuk penyakit akut di Singapura. Fasilitas pengobatannya mencakup Farrer Park Medical Centre dengan sejumlah klinik spesialis, teknologi medis, pengobatan nuklir, dan radiologi. Sederet fasilitas ini mendukung beragam spesialisasi operasi seperti onkologi, ortopedi, gastroenkologi, dan kardiologi.

Farrer Park Hospital dirancang praktisi kesehatan dan dibangun di atas stasiun kereta bawah tanah. Rumah sakit tersebut secara cermat mewujudkan lingkungan modern dan menyajikan layanan holistis bagi seluruh pasiennya.

Farrer Park Hospital memiliki berbagai taman yang asri dan karya-karya seni yang menginspirasi, dilengkapi sebuah hotel yakni One Farrer Hotel. Sinergi antara rumah sakit dan hotel menghadirkan berbagai pengalaman yang lebih baik untuk makanan serta minuman kepada para keluarga dan pengunjung.

Selain itu, sinergi tersebut memberikan pilihan akomodasi, program gaya hidup, dan fasilitas konferensi. Farrer Park Hospital dan One Farrer Hotel ialah bagian dari The Farrer Park Company Pte Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura. (Red)