× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Gubernur Sumut Tinjau Langsung Banjir ROB di Belawan

Gubernur Sumut Tinjau Langsung Banjir ROB di Belawan

288
SHARE
Gubernur Sumut Tinjau Langsung Banjir ROB di Belawan

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi saat meninjau langsung banjir pasang Rob di Belawan.

Belawan, Sidaknews.com - Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi hari ini meninjau langsung Bencana Pasang besar/Banjir ROB yang menggenangi beberapa wilayah di 7 Kelurahan tepatnya di Kecamatan Medan Belawan, Selasa (2/10/20).

Dari pantauan BPBD Kota Medan beberapa kawasan pemukiman warga serta jalan di Kecamatan Medan Belawan mengalami banjir sejak hari Jum'at,16 Oktober 2020 lalu hingga saat ini, siklus pasang surut air laut terjadi mulai pukul 03.30 WIB dini hari.

Air pasang mulai surut dan naik kembali dengan durasi per 12 jam dan kondisi air rata-rata 20 Cm s/d 60 Cm Variable, tingkat penurunan air sangat lambat dibanding pasang yang telah surut di laut disebabkan wilayah tergenang adalah dataran rendah, untuk aktivitas warga yang terdampak masih berjalan normal, adapun daerah yang terdampak yaitu Kelurahan Belawan I, Kelurahan Belawan II, Kelurahan.Sicanang Kelurahan Bahari, Kelurahan Bahagia, Kelurahan Sicanang, Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan. 

Dalam kegiatan ini Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi mengatakan Banjir Rob ini adalah peristiwa alam dan apapun yang kita lakukan, kita tidak bisa bendung itu.

"Bukan menanggulangi ya harus kita benahi, Banjir Rob itu adalah suatu peristiwa alam, yang bisa kita lakukan adalah menertibkan tempat tinggal warga," kata Edy.

Dalam kesempatan ini Gubernur Sumut Edy Rahmayadi turut membantu meringankan beban masyarakat dengan upaya memberikan Sembako langsung kepada masyarakat yang terkena dampak Banjir Rob tersebut.

Turut mendampingi Gubernur Sumatera Utara yaitu Pjs. Walikota Medan Bapak Ir.Arief Sudarto Trinugroho, M.T, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara (Bapak Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si , Kepala BPBD Kota Medan Bapak H. Arjuna Sembiring S.Sos, MSP, Plt. Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan Bapak Renward Parapat, ATD., M.T., Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan (Bapak dr. Edwin Effendi, M.Sc).

BPBD Kota Medan tetap berupaya memantau dan melaporkan perkembangan terkini terkait bencana air pasang/Banjir Rob yang terjadi di Kecamatan Medan Belawan. (H)