× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Hasil Uji Sampel, Beras Bulog Asli dan Aman di Konsumsi

Hasil Uji Sampel, Beras Bulog Asli dan Aman di Konsumsi

SHARE
Hasil Uji Sampel, Beras Bulog Asli dan Aman di Konsumsi

Hasil Uji Sampel, Beras Bulog Asli dan Aman di Konsumsi

Tual, sidaknews.com - Terjawab sudah isu tentang beras plastik yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Video berdurasi 2 menit ini menyebut adanya dugaan beras yang mengandung plastik, serta menunjukkan nasi yang dikepal-kepal hingga berbentuk bola dan dapat memantul itu akhirnya di jawab oleh Tim Satgas Pangan, Kamis 13/02/2020.

Dalam konfrensi pers yang di hadiri oleh, Sekertaris Daerah, Kepala Dinas Perundustrian dan Perdagangan, Kepala Bagian Ekonomi, Kepala Bulog Cabang Maluku Tenggara dan Kota Tual dan Staf, Kepala Bagian Humas dan Protoler, Tim Satgas Pangan, dan Insan Pers. 

Dalam konfrensi pers yang berlangsung di Aula Balai Kota Tual, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual, yang juga merupakan Ketua Tim Satgas Pangan, Darnawati Amir mengatakan, tanggal 26 Januari 2020 tim yang mendengar tentang informasi tersebut langsung melakukan pengambilan sampel dan tanggal 27 kami melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Provinsi Maluku dan Badan POM Provinsi Maluku terkait dengan pengetesan sample beras bulog yang diviralkan oleh masyarakat yang melakukan pembelian beras bulog di pasar Tual, katanya.

Dikatakannya pula, atas izin Walikota, Wakil Walikota Tual, kami mengirim sampel ke dinas Provinsi Maluku untuk diteruskan ke balai, riset dan standarisasi industri yang ada di Ambon dan hasilnya pada tanggal 5 Februari kami menerima hasil pemeriksaan dari Dinas Perindustrian Perdagangan Provinsi Maluku dan hari ini kami akan sampaikan sertifikat hasil uji yang dikeluarkan oleh balai riset dan standarisasi industri di Ambon. 

Lanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang kami kirim ke Dinas Perdagangan Provinsi Maluku kemarin hasilnya baik, tidak ada unsur asing termasuk plastik yang terkandung di dalam beras bulog yang kami ambil sampelnya pada tanggal 27 Januari kemarin. 

"Perlu kami sampaikan parameter uji sampelnya sebagai berikut, bau normal kemudian derajat sosok 78,95% kadar air 12,82% bulir patahnya 9,3 per 100 gram kemudian 10,201 per 100 gram kemudian air gambarnya 0,00 per 100 gram benda asing 0,00 100 gram Dari campuran dedak 0,00 per 100 gram," jelas Kadis Perindag.

Parameter uji ini sudah sesuai standar acuan SNI A 675 128 tahun 2015, sehingga bisa disimpulkan bahwa beras bulog yang beredar di masyarakat adalah beras asli tidak ada kandungan plastik ataupun benda asing lainnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bulog cabang Maluku Tenggara dan kota Tual, M. Sofiyan Sohilauw mengatakan bahwa beras bulog aman di konsumsi, serta dijamin kehalalannya, dia juga meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu risau, untuk mengkonsumsi beras bulog.

"Masyarakat tidak perlu kuatir tentang beras bulog, beras bulog aman, sehat untuk di konsusmsi," katanya. 

Sohilauw juga mengimbau kepada masyarakat apa bila ada kasus lain, jangan langsung di sebar luaskan tanpa mengecek kebenarannya. Di dalam ajaran agama kita masing-masing terutama ajaran agama Islam yang saya anut, kita diajarkan bahwa ketika menerima informasi kita cek dulu apakah informasi yang benar atau tidak, walaupun itu dia benar jangan nanti bisa menimbulkan keresahan di masyarakat, kan ada aparat berwenang yang bisa melakukan check-in ricek, imbaunya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada masyarakat yang telah memviralkan video beras bulog tersebut kiranya dapat lagi membuat video klarifikasi dan permintaan maaf atas videonya, sehingga tidak lagi menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat, tutupnya. (RD)