× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda tebagsel Hujan Lebat, Sekolah dan Rumah Warga di Padangsidimpuan Terendam Air

Hujan Lebat, Sekolah dan Rumah Warga di Padangsidimpuan Terendam Air

1532
SHARE
Hujan Lebat, Sekolah dan Rumah Warga di Padangsidimpuan Terendam Air

Air parit yang meluap masuk ke pemukiman warga di kota Padangsidimpuan, Selasa (28/2/2020) kemarin.

SIDIMPUAN, sidaknews.com - Usai diguyur hujan lebat selama tiga jam, rumah dan gedung sekolah di di Jalan HM Syukur Soritua Harahap, Kelurahan Siadabuan, Padangsidimpuan langsung terendam air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan Ali Ibrahim Dalimunte, mengatakan, banjir yang terjadi di Kota Padangsidimpuan akibat hujan lebat dan tidak berfungsinya saluran air.

"Penyempitan drainiase yang disebabkan banyak sampah di dalam parit salah satu penyebab terjadinya banjir ini," jelasnya.

Adapun lokasi yang terendam banjir diantaranya di Jalan Sudirman, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Jalan Sibaganding Harahap (Sd Inpres depan Damkar), Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Jl.Kapten Koima (Jl.topi Depan Koni Kota psp) Kelurahan Kampung Bukit, Kecamatan, Padangsidimpuan Utara, Jl.Sermalian Kosong (Blkang Polres Kota Psp), Kelurahan Wek II Kecamatan Psp Utara.

Toharuddin Harahap (45) warga Siadabuan mengatakan, saat hujan turun, air selokan di kawasan ini selalu meluap. Akibatnya, pengguna jalan dan warga terganggu dengan kondisi tersebut.

“Bagi warga, kondisi air yang meluap sangat menganggu sekali. Terlebih bagi pengguna jalan. Padahal, setiap hujan kondisinya akan seperti itu dan belum ada perbaikan dari pihak terkait,” jelasnya.

Menurut dia, air yang meluap berada di belakang sekolah dasar di Jalan HM Syukur Soritua Harahap Lingkungan II kelurahan Siadabuan langsung masuk ke sekolah tersebut .

Akibatnya, pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor sering kaget saat melintas di jalur tersebut.

“Drainase tidak berfungsi di tambah banyaknya tumpukan sampah Kalau hujan besar, pasti airnya meluap ke badan jalan. Padahal, hal itu terjadi sudah lama dan sampai saat ini kondisinya saat hujan besar selalu meluap ke jalan dan ke rumah warga dan Sekolah,” ujarnya.

Dia berharap, pihak terkait segera memperbaiki saluran air tersebut.

“Secepatnya bisa diperbaiki serta fungsi drainase dimaksimalkan. Untuk warga sendiri sering membersihkan saluran air tetapi tetap saja air meluap,” ungkapnya. (Sabar)