× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Jika Hanya Satu Calon, Pendaftaran Cakades Akan Diperpanjang

Jika Hanya Satu Calon, Pendaftaran Cakades Akan Diperpanjang

SHARE
Jika Hanya Satu Calon, Pendaftaran Cakades Akan Diperpanjang

Kepala Dinas PMD Muba, Ricard Cahyadi.

MUBA, sidaknews.com - Pendaftaran calon Kepala Desa di empat desa di Musi Banyuasin (Muba) bakal diperpanjang selama satu Minggu. Pasalnya sampai akhir batas waktu pendaftaran hanya satu Cakades yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkades yang bakal digelar serentak di 65 Desa di Muba 9 Maret 2020 mendatang.

Pilkades yang mempunyai satu calon tersebut adalah, Petaling, Kecamatan Lais, Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa, dan Suka Damai Kecamatan Sei Lilin.

" Untuk empat desa dengan jumlah peserta yang mendaftar hanya satu calon, waktu pendaftaran akan kita perpanjang selama satu Minggu," kata Kepala Dinas PMD Muba, Ricard Cahyadi dalam jamuan makan siang di kantor PMD Muba, Rabu (15/1/2020).

Lebih jauh Richard menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 65 desa dari 227 desa di Muba yang tersebar pada 12 Kecamatan.

Sementara itu, lanjut dia, pada 19 desa, peserta Pilkades melebihi kuota yang ditetapkan dengan jumlah maksimum 5 peserta. Hal ini menyebabkan panitia seleksi melakukan psikotes untuk menyaring peserta menjadi lima yang akan mengikuti Pilkades.

"Dari 65 Desa yang menggelar Pilkades terdapat 19 Desa yang mempunyai Cakades lebih 5 calon. Artinya sesuai aturan seleksi Cakades akan dilanjutkan dengan test psikologi yang akan menyisakan 5 calon maksimal sebagai kontestan Pilkades," tambah Richard.

Richard menerangkan, Cakades yang bakal mengikuti psikotes adalah Cakades yang mempunyai poin sama atau poin terendah dalam seleksi. Peserta psikotes bisa saja Cakades yang menempati posisi 4, 5, 6 dan selanjutnya. Hasil psikotest akan melengkapi kontestan menjadi 5 peserta tiap desa yang menggelar Pilkades. Dan penyelenggara psikotes adalah Dokter psikologi independent.

"Calon tetap Pilkades akan diumumkan panitia pada 23 Januari 2020. Saya berharap Pilkades serentak yang akan digelar 9 Maret 2020 akan berlangsung dengan sukses, jurdil, aman dan kondusif," pungkasnya. (Awam)