× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda wisata, hiburan John Hardy Jalankan Ekspansi Global yang Sesuai dengan Jati Dirinya

John Hardy Jalankan Ekspansi Global yang Sesuai dengan Jati Dirinya

1035
SHARE
John Hardy Jalankan Ekspansi Global yang Sesuai dengan Jati Dirinya

Merek Perhiasan Mewah Khas Bali Membuka Butik Konsep yang Istimewa di Seminyak, Bali

Bali, sidaknews.com - John Hardy melanjutkan ekspansi global dengan membuka butik dan restoran konsep yang istimewa di Seminyak (Jl. Raya Petitenget, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali). Sebagai resor wisata ternama di ujung Selatan Bali, Seminyak menarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Dengan demikian, produsen perhiasan ini bisa menjangkau segmen pelanggan internasional yang baru. Lokasi butik hanya berjarak 30 km dari sanggarnya di Mambal, yakni John Hardy Workshop & Kapal Bamboo Boutique. Di sanggar ini, berbagai perhiasan dibuat dengan tangan oleh koperasi seniman (artisan collective).

Sebagai fasilitas modern yang melengkapi sanggar tersebut, butik di Seminyak menjadi oase bagi komunitas menarik, tersembunyi dari jalanan kota yang ramai. Butik ini menyambut para tamu dengan jalan masuk dinamis, dilengkapi air mancur yang melambangkan pemurnian. Ornamen tersebut memberikan kesejukan dan kelegaan, serta memperkenalkan spiritualitas dan semangat komunitas khas Bali yang menyatu degan butik ini.

Ada pula sanggah tradisional yang menjadi tempat pemujaan dan upacara keagamaan, serta bale kulkul, lonceng tradisional yang digunakan untuk memanggil para pengunjung dan menarik perhatian. Butik ini memakai sirap buatan tangan khas Bali dari bata dan bambu, dibuat dengan teknik tradisional. Seluruh ornamen tersebut menonjolkan etos dan kekaguman merek John Hardy terhadap berbagai elemen alam dan nuansa arsitektur Bali.

"John Hardy merupakan merek yang kaya akan sejarah, dan berakar pada kesenian," jelas CEO John Hardy Kareem Gahed. "Butik konsep di Seminyak menjadi cara kami dalam menyampaikan kisah secara inovatif dan menarik; suasana seperti oase mengajak para wisatawan dan warga lokal untuk menikmati jati diri dari merek tersebut: Bali."

Butik ini menempati lahan seluas 4.800 kaki persegi dan terwujud lewat kerja sama dengan Wield Creative dan Studio Jenquel. Saat memasukinya, para pengunjung disambut dengan handuk dingin beraroma Sari, parfum bunga-bungaan yang unik dan terinspirasi dari nuansa khas Bali. Para tamu juga disuguhi minuman segar, terinspirasi dari air suci yang digunakan di setiap upacara keagamaan Bali.

Bangunan butik terasa sejuk, dirancang sebagai ruang pertemuan masyarakat, sehingga membangkitkan pancaindra, dan mengajak para tamu untuk berinteraksi dengan koleksi perhiasan John Hardy yang dibuat dengan tangan. Selain itu, para tamu juga dapat melihat artefak merek tersebut, dan sejumlah karya buatan seniman lokal yang dapat dibeli—dari tekstil hingga keramik dan dupa—serta mengusung kebudayaan Bali.

Serupa dengan seluruh butik John Hardy, gerai di Seminyak mengapresiasi teknik-teknik seni dan mengembangkan model seni. Kedua hal ini terwujud lewat ruang pameran khusus bagi para seniman baru yang menginterpretasikan tradisi dengan cara-cara inovatif. Seni instalasi pertama di gerai tersebut ialah patung besar berbentuk tenunan daun kelapa. Seni instalasi ini dibuat Make a Scene, sekelompok desainer dan pakar tenunan dari Mengwi.

Mereka membuat seni kriya yang bertingkat-tingkat dengan skala besar. Instalasi lainnya ialah Gamelatron, patung kinetis sonik yang unik, karya seniman konseptual Aaron Taylor Kauffman. Dia mengubah tradisi musik Gamelan asal Indonesia yang berusia 1.000 tahun menjadi pengalaman yang sangat indah dan menarik. Seni instalasi gamelan ini mencerminkan musik yang telah bertahan lama dalam format baru yang atraktif.

Butik tersebut juga akan memamerkan karya sejumlah seniman yang bekerja di John Hardy. Sejumlah seniman ini melakukan proses menenun rantai (chain-weaving) yang menjadi andalan merek John Hardy. Para pengunjung butik diajak untuk bergabung dengan seniman ini dan mengikuti praktik meditasi secara langsung. Meditasi tersebut dilakukan dengan menambahkan sebuah tautan dalam patung rantai yang kian berkembang.

Selain itu, para pengunjung juga bisa membawa pulang sekeping karya John Hardy yang berbentuk gelang yang panjangnya dapat diatur. Gelang gratis ini memiliki tautan tunggal dari lini Classic Chain dari John Hardy, terjalin oleh benang serta melambangkan komunitas dan koneksi.

Butik ini kelak menggelar lokakarya, seminar, dan pengalaman atraktif. Serangkaian kegiatan tersebut dirancang agar para tamu kian memahami berbagai tradisi kreatif dan keberagaman Bali. Para klien juga bisa mengikuti "John Hardy Master Class", sebuah kesempatan untuk mengerjakan dan membuat perhiasan istimewa.

"Sejak awal, nilai-nilai utama kami di John Hardy berpusat pada dunia seni, pelestarian alam, dan komunitas," kata Gahed. "Klien-klien kami ikut menjadi bagian penting dari komunitas ini. Kami terus berupaya untuk menjangkau mereka dengan segala cara—khususnya dengan menciptakan ruang fisik yang kaya dan penting. Butik konsep Seminyak sangat mengekspresikan jati diri merek John Hardy. Setiap elemen interaktif, mulai dari kegiatan menarik hingga berbagai tradisi keramahtamahan yang unik, terus menambah dan membangun kisah kami."

Sejumlah elemen tersebut mencakup konsep restoran dengan layanan lengkap. Lebih lagi, layanan restoran terinspirasi dari tradisi "Long Table Lunch" yang telah berlangsung 30 tahun di sanggar John Hardy. Tradisi ini terdiri atas santap siang bersama 750 orang seniman, pegawai, dan tamu yang berkunjung.

Hidangan makan siang di butik Seminyak menawarkan menu yang disusun bersama Locavore, sebuah restoran lokal yang ternama. Menu tersebut menonjolkan para petani, nelayan, dan seniman slow food Indonesia, serta penganan musiman di wilayah setempat.

Menu dari restoran yang beroperasi di sepanjang hari ini menawarkan hidangan sharing plates, sementara, Jamu Bar memadukan beragam koktail yang terinspirasi dari obat herbal tradisional khas Indonesia, termasuk koktail harian yang dihidangkan saat matahari terbenam di taman yang berada di belakang gerbang pura.

Butik John Hardy Seminyak terletak di dekat W Hotel di Petitenget [Jl. Raya Petitenget, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali] dan nomor teleponnya ialah +62 361 9344 244.

Butik dan Jamu Bar dibuka dari pukul 10 pagi–10 malam.

Hidangan untuk sepanjang hari tersedia dari pukul 11 pagi-9 malam, sementara, Long table Lunch hanya terbatas dari pukul 1 siang–3 sore.

TENTANG JOHN HARDY
Terinspirasi dari Bali dan tradisi membuat perhiasan yang telah berlangsung lama, seniman Kanada John Hardy mendirikan koperasi seniman (artisan collective) pada 1975. Koperasi seniman ini ingin menciptakan perhiasan unik dan melestarikan kekayaan warisan Bali. Selama lebih dari 40 tahun, para seniman kami telah bertekad menghasilkan perhiasan buatan tangan dengan sejumlah teknik yang diwarisi secara lintasgenerasi.

Mereka menggunakan pemasok pilihan demi memastikan berlian dan batu permata yang dipakai sesuai dengan standar etis kami, begitu pula dengan perak dan emas daur ulang. Kami tergerak menciptakan perhiasan yang istimewa dan indah, selaras dengan dedikasi kami untuk membangun masa depan yang lestari bagi para seniman serta klien di seluruh dunia. (Red)

VIDEO