× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumsel Kapolda Didesak Tangkap Oknum Anggota DPRD Pagar Alam yang Diduga Berada Dibalik Usaha Tambang Ilegal

Kapolda Didesak Tangkap Oknum Anggota DPRD Pagar Alam yang Diduga Berada Dibalik Usaha Tambang Ilegal

4407
SHARE
Kapolda Didesak Tangkap Oknum Anggota DPRD Pagar Alam yang Diduga Berada Dibalik Usaha Tambang Ilegal

Puluhan mahasiswa asal kabupaten Pagar Alam Sumatera Selatan di Palembang melakukan aksi unjuk rasa terkait Keterlibatan Oknum Anggota DPRD Tambang Ilegal di Mapolda Sumsel, Rabu (20/11/2019).

Palembang, sidaknews.com - Puluhan mahasiswa asal kabupaten Pagar Alam Sumatera Selatan di Palembang melakukan aksi unjuk rasa terkait Keterlibatan Oknum Anggota DPRD Tambang Illegal di Mapolda Sumsel, Rabu (20/11/2019).

Mahasiswa meminta Kapolda Sumatera Selatan agar menangkap oknum angggota DPRD yang diduga melakukan tambang pasir Illegal di Sungai Endikat. Lokasi tambang yang diduga Illegal tersebut berada diperbatasan Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat, Kota Pagar.

Dalam orasinya, pendemo mengatakan tambang ilegal tersebut telah berlangsung sejak enam tahun silam. Aktifitas tersebut dituding merusak alam dan tidak mempunyai izin menggunakan alat berat.

Pendemo menuding salah satu oknum anggota DPRD Pagar Alam berada dibalik bisnis tambang Illegal tersebut. Oknum yang dituding melakukan tambang ilegal tersebut berinisial PN dari Partai Hanura. Menurut mereka, Aksi ilegal mining dapat berjalan dengan leluasa karena diduga adanya konspirasi antara pengusaha, pejabat dan aparat.

Kordinator aksi aliansi mahasiswa dan pemuda Besemah Bersatu. Dedy Setiawan dalam orasinya menyampaikan lima tuntutan diantaranya : proses hukum PN anggota DPRD kabupaten Pagar Alam pemilik tambang galian C Ilegal. Mendesak kapolres untuk mengusut tuntas tambang ilegal alias metutup tambang ilegal karena telah merusak lingkungan dan alam.

Selain itu Dedy Setiawan juga meminta Kapolda Sumsel agar mengambil alih kasus hukum tambang ilegal tersebut serta menangkap aktor intektual atau pemilik tambang.

Kompol.Abujani dari Humas pola Sumatera Selatan yang menerima aspirasi pendemo mengatakan semua tuntutan pendemo akan di sampaikan kepada pimpinan, sedangkan proses hukum tetap berjalan.

"Sekarang sudah dua orang yang telah ditetapkan jadi tersangka tambang ilegal di Pagar Alam dan proses hukum tetap berjalan dan aspirasi mahasiswa dan pemuda Besemah Bersatu kami respon dan tanggapi," kata Abujani.
(Iskandar Mirza)

VIDEO