× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Kasat Binmas Hadiri Sosialisasi Pemulasaran Jenazah yang Digelar DPD JBMI Kota Padangsidimpuan

Kasat Binmas Hadiri Sosialisasi Pemulasaran Jenazah yang Digelar DPD JBMI Kota Padangsidimpuan

278
SHARE
Kasat Binmas Hadiri Sosialisasi Pemulasaran Jenazah yang Digelar DPD JBMI Kota Padangsidimpuan

Kasat Binmas polres Padangsidimpuan AKP Sulhan Arifin Siregar SH ketika menghadiri Sosialisasi Pemulasaran Jenazah, oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Kota Padangsidimpuan, senin (19/102020)

Sidimpuan, sidaknews.com - Bertempat di Pondok rumah tahfiz Al-Qur'an Azzein Al-Makky Desa Aek Bayur, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pemulasaran jenazah, oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Kota Padangsidimpuan, senin (19/102020)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Binmas AKP Sulhan Arifin Siregar SH mewakili Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK.MH, Ketua DPD JBMI Zainal Muluk Parinduri, Bhabinkamtibmas, Forkopimda Padangsidimpuan dan pihak kodim 0212/Tapsel, tokoh Masyarakat dan para peserta sebanyak 50 orang dari berbagai kecamatan di Kota Padangsidimpuan.

 

Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk lebih memahami cara pengurusan jenazah khususnya Pemulasaran Jenasah /Prosesi Pemandian, mengkafani dan mensholati. Kegiatan pemulasan Jenazah dalam agama Islam adalah hukumnya fardu kifayah, jadi kewajiban untuk lebih mengetahui.

 Kasat binmas Polres Padangsidimpuan AKP Silhan Arifin Siregar, SH. dalam sambutannya menyatakan bahwa Giat Pemulasaran/Pemandian jenazah dan lainya adalah sangat baik juga ingin mengetahui cara-cara tersebut. Oleh karena itu kita harus tahu tata cara yang benar pemandian jenasah, jadi kalau ada warga/keluarga yang meninggal tidak canggung lagi utk memandikannya.

AKP sulhan Siregar Menambahkan bahwa Di era digital seperti saat ini para anak muda sibuk dengan dunia tekhnologi,tekait Hal itu DPD JBMI melakukan terobosan pelaksanaan pelatihan pengurusan Zenajah seraya mengucapkan sukses kepada JBMI yang peduli akan kegiatan agama seperti ini.

Pada kesempatan itu Kasat Binmas juga menyampaikan agar tetap mematuhi prokes dari pemerintah, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sementara Ketua DPD JBMI Zainal Muluk Parinduri pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan pelaksanaan pengurusan zenajah ini bermaksud untuk menyadarkan kaum milenial atau kaum pemuda agar lebih memahami perlunya paham Fardhu Kifayah.

 "Melihat generasi muda saat ini,yang mana akan terbuainya dunia tekhnologi, hingga lupa belajar tentang agama seperti mempelajari ilmu Fardhu kifayah, untuk itu maka DPD JBMI kota Padangsidimpuan merasa terpanggi untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi pemulasaran Jenazah, seperti ini. "Cetusnya.

Pada kesempatan itu DPD JBMI kota Padangsidimpuan mempraktekkan cara cara memandikan jenasah. Syarat memandikan jenazah mulai persiapan, cara memandikan, dan proses memandikan perlu dipahami. Saat mengkafani diperhatikan tata cara mengkafani baik laki-laki maupun perempuan, disini tidak ketinggalan persiapan hamparan posisi kain, dan proses mengkafani, menyolati dan menguburkannya
“Hasil dari sosialisasi pemulasaraan jenazah ini diharapkan sebagai bekal dalam merawat atau mengurus jenazah di tengah-tengah masyarakat nanti, ucapnya. (sabar)

VIDEO