× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Kepala Dinas Perdagangan Bantah Akan Tutup Pasar Baru Panyabunan

Kepala Dinas Perdagangan Bantah Akan Tutup Pasar Baru Panyabunan

512
SHARE
Kepala Dinas Perdagangan Bantah Akan Tutup Pasar Baru Panyabunan

Kadis Perdagangan Madina Jhon Amriadi (ist)

Mandailing Natal, sidaknews.com - Dinas Perdagangan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) membantah akan menutup pasar baru Panyabungan karena ingin mengantisipasi virus Corona atau Covid-19.

Bantahan itu disampaikan Jhon Amriadi Kadis Perdagangan Madina, kepada wartawan, sabtu malam (28/3/2020), untuk menepis isu diluaran terkait penutupan pasar baru panyabungan.

"Informasi yang beredar pasar panyabungan yang ada tutup mulai tanggal 1 april 2020, bahwa isu itu tidak benar atau hoaks," kata jhon.

Aktivitas di pasar Baru Panyabungan dikatakan Jhon tetap berjalan seperti biasa, dan tidak benar akan di tutup seperti yang viral di media sosial.

"Kita tidak ada rencana akan menutup aktivitas di pasar Panyabungan, aktivitas tetap berjalan seperti biasa," jelas Jho.

Untuk mengantisipasi wabah virus corona atau Covid-19, penyemprotan disinfektan di pasar ini sudah dilakukan rutin,"kita justru antisipasi penyebaran virus corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan, karena kita tahu ini salah satu pusat berkumpulnya banyak orang di pasar ini,"ungkapnya,

Jhon menghimbau pada konsumen dan pedagang untuk melakukan aktifitas seperti biasanya, dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) minimal menggunakan masker.

"Kita imbau pedagang dan konsumen untuk menggunakan masker, dan juga mengingatkan konsumen untuk mencuci barang barang yang sudah di beli agar terhindar dari virus yang mewabah," katanya.

Sampai saat ini belum ada rencana penutupan, saya sudah berkordinasi dengan pimpinan serta pada Gugus tugas percepatan penangan Covid-19 bahwa tidak ada rencana penutupan pasar baru atau pun pasar tradisonal lainnya,"terang Jhon,

Lebih lanjut Jhon menyampaikan, Dinas perdagangan juga terus melakukan pemantauan harga-harga di pasar baru panyabungan.

Dari hasil pantuan Kenaikan harga yang signifikan mengalami kenaikan adalah komoditi gula pasir sebelumnya harga Rp 14 rubu perkilo sekarang mencapai Rp 21 ribu perkilonya. Dan bawang merah juga mengalami kenaikan harga bawang meraha Rp 32 Rp perkilo. Dan harga bawang putih 40 rb perkilo,"

Sementara harga cabe merah mengalami penurunan dari Rp 30 ribu menjadi Rp 20 ribu perkilo dan terhadap komoditi yg lain masih normal,"terang jhon. (Putra)