× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Ketua KNTI Binsir Minta Kepada BPD Air Glubi Terpilih Perhatikan Nelayan Tradisional

Ketua KNTI Binsir Minta Kepada BPD Air Glubi Terpilih Perhatikan Nelayan Tradisional

696
SHARE
Ketua KNTI Binsir Minta Kepada BPD Air Glubi Terpilih Perhatikan Nelayan Tradisional

Para pengurus BPD Air Glubi yang sedang mengikuti proses pelantikan.

Bintan, sidaknews.com - Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Air Glubi oleh Camat Bintan Pesisir, Sutono a.n Bupati Bintan, H.Apri Sujadi, S.Sos, Rabu (20/05/2020).

Sejatinya fungsi dari BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Selain itu, Wewenang BPD lainnya adalah menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Desa secara lisan dan tertulis, melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja Kepala Desa, Meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa kepada Pemerintah Desa, Mengawal aspirasi masyarakat, Menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan tata kelola pemerintahan yang baik, menyusun peraturan tata tertib BPD, Menyampaikan laporan hasil pengawasan yang bersifat insidental kepada Bupati melalui Camat, Menyusun dan menyampaikan usulan rencana biaya operasional BPD secara tertulis kepada kepala desa untuk dialokasikan dalam rancangan anggaran dan pendapatan belanja desa.

Ditempat terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan dari dapil dua, Arwan meski tidak hadir dalam pelantikan itu dikarenakan tidak mendapatkan undangan atau pemberitahuan. Menyampaikan pesannya terutama mengucapkan selamat atas pelantikan BPD Desa Air Glubi periode 2020 s/d 2025, Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan adil.

Diwaktu yang sama juga, Ketua KNTI Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir), Umar Husen berharap BPD Desa Air Glubi yang terpilih agar dapat memberi perhatian lebih terhadap nelayan tradisional dengan mengusung program - program yang dapat mengangkat martabat dan mensejahterakan nelayan tradisional.

" Salah satu contoh saat ini adalah adanya wabah covid- 19 yang sedang melanda. Sehingga akhirnya nelayan pun terkena imbasnya. Mulai dari harga jual ikan yang menurun drastis. Mudah-mudahan BPD Desa Air Glubi terpilih dapat melakukan Inovasi yang keren dengan membantu membawa nelayan keluar dari persoalan yang sedang di alami saat ini. Atas nama Pengurus DPC KNTI Bintan Pesisir, Kami ucapkan, Selamat menjalankan tugas sebagai BPD, Semoga Sukses, " Ujar Umar kepada awak media. (Alek)

VIDEO