× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Komisi II DPRD Bintan Angkat Bicara Soal TKA, Minta Kepala Daerah Komitmen Mengisi Tenaga Lokal

Komisi II DPRD Bintan Angkat Bicara Soal TKA, Minta Kepala Daerah Komitmen Mengisi Tenaga Lokal

693
SHARE
Komisi II DPRD Bintan Angkat Bicara Soal TKA, Minta Kepala Daerah Komitmen Mengisi Tenaga Lokal

Anggota Komisi II DPRD Bintan, Zulkifli saat menghadiri acara dialog interaktif di Kijang.

Bintan, sidaknews.com - Kedatangan ribuan tenaga kerja asing (TKA) pada pekan kemarin di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Diketahui bersama akan bekerja di salah satu PT yang ada di Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Sabtu (17/10/2020).

Sudah kerap kali kedatangan TKA yang dimaksud secara berkala terus terjadi masuk melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah, Kota Tanjungpinang.

Dalam pernyataan Kepala Disnakertrans Kepri, Mangara M Simarmata turut menjelaskan tidak seluruhnya TKA yang didatangkan merupakan tenaga ahli tapi ada juga tenaga konstruksinya.

Berkenaan hal diatas, Anggota di Komisi II DPRD Bintan, Zulkifli angkat bicara serta menanggapi dengan serius. Ia meminta Pemerintah Daerah ( Pemda ) itu mengawasi dan mendata.

" Jadi, Kita wajib tahu seperti apa tenaga asing yang didatangkan itu. Apa memang betul ahli atau bagaimana, Karena terus terang saja banyak dapat laporan masyarakat. Tenaga asing yang masuk itu banyak juga buruh kasar, Jangan sampai nanti hanya kedok saja, " Ujarnya kepada awak media usai menghadiri Dialog interaktif dan konsolidasi partai Demokrat di Kedai Kopi D'Teras.

Masih sambungnya, Ia meminta kepada kepala daerah komitmen untuk tenaga kerja lokal minimal 70 persen harus diisi oleh orang lokal atau tempatan.

" Kita minta perusahaan itu transparan berapa ribu orang dan tinggal berapa lama ya harus jelas, " Tambah Zulkifli singkat. (Alek)