× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda tebagsel Kontras Sumut Desak Jamwas dan Komnas HAM Beri Perlindungan Untuk Ali Soman

Kontras Sumut Desak Jamwas dan Komnas HAM Beri Perlindungan Untuk Ali Soman

387
SHARE
Kontras Sumut Desak Jamwas dan Komnas HAM Beri Perlindungan Untuk Ali Soman

Kontras Sumatera Utara ketika melakukan investigasi ke kediaman Ali Soman di Padangsidimpuan.

 Sidimpuan, sidaknews.com - Koordinator Kontras Sumut, Amin Multazam meminta Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jam Was) Kejaksaan Republik Indonesia dan Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) untun turun tangan karena di anggap sudah preseden buruk dalam penegakan hukum yang dialami Ali Soman terkait dugaan penganiayaan oleh oknum Jaksa Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan beberapa waktu lalu.

Terkhusus kepada Ali Soman yang diduga di aniaya oleh oknum Jaksa di Tapanuli Selatan pasca sidang vonis bebas kasus Narkoba " Saya rasa persoalan ini harus secepatnya diselesaikan komisi pengawas kejaksaan dengan mendengar semuanya termasuk melindungi sikorban yang terus menerus diduga diteror" Kata Amin.

Selain Jam Was, lanjut Amin dirinya juga meminta Komnas Ham dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk andil dan memberikan perlindungan bagi Ali Soman " Saya kira sebagai lembaga yang bertugas melindungi juga dibutuhkan dalam perkara itu, karena Ali Soman sudah tak nyaman lagi dengan intimidasi seperti yang ia ceritakan. Serta kami meminta Polres Padangsidimpuan untuk segera mungkin melakukan penyelidikan terkait dugaan penganiayaan yang dilakukan Oknum Jaksa tersebut dan sudah dilaporkan secara resmi bersama pengacaranya" tegasnya.

Sedangkan laporan penganiayaan yang dialami Ali Soman sudah dilaporkan ke Polres Padangsidempuan dengan bukti lapor Nomor STPL: 74/II/2020/SU/PSP. Pungkasnya

Sementara itu, Pengacara Ali Soman, Sahor Bangun Ritonga juga membenarkan sudah melaporkan kasus tersebut ke Jamwas, LPSK dan Komnasham " Itu sudah kita laporkan dan sekarang lagi menunggu tindak lanjutnya" Kata Sahor.

Apa yang dialami Ali Soman, menurut Kontras adalah preseden buruk dalam penegakan hukum. Satu bukti dari ratusan bukti lain tentang bagaimana carut marutnya sistem penegakan hukum kita mulai dari tingkat kepolisian hingga kejaksaan. Bahwa disaat Ali Soman yang harusnya mendapat proses rehabilitasi dan ganti rugi atas proses hukum yang tidak tepat, justru ia harus kembali berjuang mencari keadilan dengan kondisi yang penuh ancaman dan ketidakpastian. (SMS)

VIDEO