× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda jabar Korps Marinir Ditengah Pandemi Covid-19 Laksanakan Gerakan Ketahanan Pangan

Korps Marinir Ditengah Pandemi Covid-19 Laksanakan Gerakan Ketahanan Pangan

7691
SHARE
Korps Marinir Ditengah Pandemi Covid-19 Laksanakan Gerakan Ketahanan Pangan

Korps Marinir terpantau sedang melaksanakan gerakan tanam perkebunan serta budidaya ikan nila, pada Kamis (28/5/2020)

Jakarta, sidaknews.com - Ketahanan Pangan merupakan bagian dari Ketahanan Negara, dan sampai hari ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari pasukan elit Angkatan Laut (AL) Korps Marinir masih berperan aktif dalam mendukung program pemerintah pusat mengenai program ketahanan pangan nasional.

Korps Marinir dari Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 8 Teluk Ratai, Pasawaran Lampung, terpantau sedang melaksanakan gerakan tanam perkebunan serta budidaya ikan nila, pada Kamis (28/5/2020)

Peningkatan intensitas gerakan ketahanan tersebut merupakan bagian daripada upaya penguatan ekonomi karena terpuruk oleh kasus pandemi Covid-19 yang memporak porandakan perekonomian, terutama ekonomi kecil.

Terkait semakin hebatnya penyebaran Covid-19 di Indonesia, membuat petinggi di Korps Marinir, Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) memerintahkan seluruh jajaran Komando Utama (Kotama),  Komando Pelaksana (Kolak) dan Satuan Pelaksana (Satlak) Korps Marinir TNI AL untuk melaksanakan program nasional dalam rangka Ketahanan Pangan Nasional.

Pelaksanaan gerakan tersebut memanpaatkan lahan yang awalnya merupakan lahan tidur yang hanya ditumbuhi rumput ilalang, dan diolah atau disulap menjadi kolam ikan dan lahan perkebunan.

Lahan yang di jadikan kolam ikan nila dengan luas sekitar 600 m2 tak kurang 1.000 ekor yang telah dikembang biakkan sejak sebulan lalu. Sementara lahan perkebunan yang terletak di samping Markas Komando (Mako) Puslatpurmar dengan luas sekitar 20.000 m² ditanami singkong dan jagung.

Komandan Puslatpurmar 8 Teluk Ratai berharap program ketahanan pangan nasional yang telah dilaksanakan dapat berguna bagi seluruh prajurit dan masyarakat.

“Beberapa bulan kedepan apa yang telah dilakukan oleh para prajurit ini dapat berguna dan dinikmati para prajurit dalam menghadapi dampak Covid-19,” harap Letkol Mar Data. (Mad)

 

 

 

 

VIDEO