× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut KPU Karo Meminta Agar Media Massa Diharapkan Berperan Mencerdaskan Pemilih

KPU Karo Meminta Agar Media Massa Diharapkan Berperan Mencerdaskan Pemilih

113
SHARE
KPU Karo Meminta Agar Media Massa Diharapkan Berperan Mencerdaskan Pemilih

Pembukaan Kegiatan Pendidikan Pemilih Kepada Media Massa

Tanah Karo Sidaknews.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karo, Jum'at (20/11/2020) sekira pukul 10.00 WIB adakan kegiatan pembukaan pendidikan pemilihan kepada Media Massa dan juga dihadiri perwakilan KPU Sumut bertempat di Aula Bougenvile Hotel Sibayak Internasional Berastagi.

Pada kesempatan itu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten karo meminta keikutsertaan dari Media Massa dalam mencerdaskan para pemilih dan memberitakan berita yang baik dan benar kepada masyarakat sesuai dengan fakta dan Kode Etik Jurnalistik.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Karo Gemar Tarigan kepada sejumlah wartawan yang hadir pada pembukaan kegiatan Pendidikan Pemilih Kepada Media Massa Dalam Rangka Pemilihan Bupati Karo dan Wakil Bupati Tahun 2020 .

Dalam pemberitaan yang baik dan benar sudah tentu memudahkan masyarakat dalam memilah mana berita yang benar atau Hoax dalam konteks Pilkada ini, sehingga informasi yang dapat memicu konflik Vertical dan Horizontal dilapangan dapat terminimaslisir, "Untuk itu mari kita sukseskan tahapan Pilkada ini," ujarnya.

Begitu juga dikatakan Dewi Afriyany Susanti beru Ginting selaku Kordiv dan SDM KPU Karo, pada intinya diharapkan agar media dapat menjadi mitra KPU guna memberitakan berita yang sebenarnya kepada masyarakat.

KPU juga sangat menyadari banyak kekurangan dan begitu juga kelemahan, oleh sebab itu KPU Karo sangat berharap kepada peserta Pilkada. Paslon dan Parpol ,pemilih yang termasuk didalamnya wartawan sama-sama dapat menyukseskannya.

"Kita semua memiliki peran satu sama lain yang terintegeritas untuk menjadikan masyarakat pemilih menjadi cerdas," ujarnya.

Sementara itu, anggota Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Sumatera Utara, Benget Silitonga yang turut hadir dalam kegiatan menyatakan, pemberitaaan Visi-Misi Paslon khususnya pasca debat, sekiranya diberitakan sebagaimana mestinya.

“Visi dan Misi Paslon itu penting dimuat di media massa, agar masyarakat pemilih tidak senantiasa menganut paham politik dan bercermin pada data Pilkada Karo tahun 2010, dimana minat pemilih ke TPS hanya sekitar 66% dan Tahun 2015 sekitar 68 persen,sementara Pilkada kali ini KPU Pusat menargetkan target Nasional pada angka 77,5%," jelas Benget. (AS)