× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Luncurkan Alat KIR, Walikota: Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Luncurkan Alat KIR, Walikota: Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

SHARE
Luncurkan Alat KIR, Walikota: Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd.

Tanjungpinang, sidaknews.com - Peluncuran alat pengujian kendaraan bermotor (KIR) di resmikan oleh Walikota di jalan Kijang Lama Tanjungpinang.

Peluncuran alat KIR tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota, Kajari Tanjungpinang. Kamis (9/1/2020).

Syahrul mengatakan alat pengujian kendaraan bermotor ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Berdasarkan aturan yang berlaku, ada kendaraan yang wajib diuji dan ada juga yang tidak wajib dilakukan pengujian, contohnya kendaraan roda dua tidak perlu diuji," sebut Ayah sapaan akrabnya Walikota Tanjungpinang ini.

Dengan adanya alat ini, Ayah berharap kendaraan yang digunakan oleh pengendra (masyarakat) benar-benar layak, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan yang wajib uji, segera laksanakan pengujian untuk mengetahui kelayakan kendaraan yang kita kendarai," ungkapnya.

Di waktu bersamaan, Kepala Dishub Kota Tanjungpinang Bambang Hartanto menjelaskan, kendaraan yang wajib uji adalah, tipe kendaraan berat yang mengangkut barang dan penumpang lebih dari 8 kursi.

"Seperti pikap, dan itu tidak mengenal plat hitam, kuning dan merah, lori besar, bus, taxi dan mobil pengangkut lainnya semua wajib uji," katanya dengan tegas.

Sementara itu, kata Bambang, kendaraan yang tidak wajib uji itu di antaranya sepeda motor dan mobil pribadi.

"Waktu pengujian KIR dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun," pungkasnya. (*)