× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Maria Penderita Penyakit Komplikasi Akhirnya Pemko Tual Rujuk ke Rumah Sakit Ambon

Maria Penderita Penyakit Komplikasi Akhirnya Pemko Tual Rujuk ke Rumah Sakit Ambon

SHARE
Maria Penderita Penyakit Komplikasi Akhirnya Pemko Tual Rujuk ke Rumah Sakit Ambon

Maria Sonya Werbitu gadis 16 Tahun Warga Kampung Pisang Petak 20 Kelurahan Lodar El Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, Provinsi Maluku.

TUAL, sidaknews.com - Maria Sonya Werbitu gadis 16 tahun Warga Kampung Pisang Petak 20 Kelurahan Lodar El Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, Provinsi Maluku, akhirnya mendapatkan pengobatan lanjutan setelah sempat di rawat intens pada RSU Karel Satsuitubun Langgur beberapa waktu lalu.

Perawatan lanjutan ini, merupakan implementasi dari kunjungan Walikota Tual beberapa waktu lalu yang melihat langsung kondisi kesehatan Maria yang semakin memprihatinkan akibat komplikasi
penyakit yang di deritanya sejak kecil.

Ditemui di ruang kerjanya Selasa (02/12/2019),Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, Dr Betty Zubaidah mengatakan, "terkait dengan keberangkatan, pihaknya menunggu kelengkapan administrasi pasien, berupa foto copy surat rujukan dari RSU dan BPJS, sebagai pelengkap dokumen pasien."katanya

Selain itu, keberangkatan pasien (Maria) ini juga harus mendapatkan pendampingan dari petugas Kesehatan dan pihak keluarga, sehingga tiga tiket yang harus disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Tual, tiga orang tersebut yakni, Pasien bersama satu pendamping dan petugas.

"Jika seluruh administrasi pasien sudah siap kami akan menyiapkan tiga tiket pesawat untuk tiga orang,yakni Pasien, satu dari keluarga pasien dan petugas kesehatan dari Puskesmas, tergantung kepala puskesmas siap yang nanti di tugaskan," Ucap Kepala Dinas Kesehatan.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Tual,Masur Latar, kepada Wartawan Latar mengatakan, awalnya Walikota Tual menginstruksikan agar hanya satu orang yang mendampingi Maria selama pengobatan di Ambon, namun beliau ( Walikota ) membatalkannya dan memerintahkan kami ( Dinsos ) untuk menanggulangi satu tiket untuk keluarga Maria, selain itu kami juga harus menyiapkan dana untuk 10 hari selama berada di Ambon

" Untuk tidak terjadi kesalahan dalam proses bantuan kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,terkait dengan keberangkatan Maria dan Keluargganya selama 10 hari kedepan," Ujar Kadis Sosial.

Lanjutnya, terkait dengan instruksi Walikota Tual, pihaknya telah berkoordinasi dengan dengan Sekertaris Daerah dan bagian keuangan, selain itu, seluruh dokumen permintaan anggaran sudah di masukan di bagian Keuangan Daerah.

"Kami sudah lakukan koordinasi dengan Pak Sekda Kota Tual, jika dokumennya sudah siap kami akan masukan ke bagian keuangan, kita tunggu saja." ucapnya.

Di tempat terpisah Ida Mina Balfid bibi Maria mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Tual dalam penanganan Masalah Kesehatan di Daerah ini, Balfid juga menyapaikan hormat dan terimah kasih kepada Walikota Tual dan Organisasi Perangkat Daerah yang telah menyimbangi kediaman dan melihat langsung kondisi Maria, serta membantu pengobatan lanjutan selama di Kota Ambon.

" Atas nama Keluarga saya menyampikan terima kasih kepada Pak Walikota dan Kedua kepala dinas yang telah membantu proses pengobatan lanjutan Maria selama di Kota Ambon." pungkasnya. (RD)