× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Marzuki : Mari Jaga Kebersihan dan Keindahan Lingkungan Kita

Marzuki : Mari Jaga Kebersihan dan Keindahan Lingkungan Kita

SHARE
Marzuki : Mari Jaga Kebersihan dan Keindahan Lingkungan Kita

Marzuki, saat menerangkan edukasi bagi relawan dan masyarakat setelah kegiatan bersih bersama di Bandar Dua, Minggu (01/12/2019).

PIDIE JAYA, sidaknews.com - Dijaga bersama-sama, kebersihan lingkungan tentu akan menimbulkan kenyaman dan kesehatan bagi penghuninya.

Sampah yang seharusnya dibuang di tong sampah, kita buang di sungai. Hutan sebagai sumber oksigen yang seharusnya dijaga dan dipelihara, ditebang tanpa melakukan reboisasi.

Banyak dampak negatif yang muncul dari kebiasaan ini, tidak hanya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, melainkan juga berbagai risiko penyakit yang timbul dan berpotensi menyerang kesehatan kita. Tidak mengherankan kita lebih mudah sakit di saat musim penghujan, ujar Marzuki, saat menerangkan edukasi bagi relawan dan masyarakat setelah kegiatan bersih bersama di Bandar Dua, Minggu (01/12/2019).

Jika kebiasaan buruk ini kita pertahankan, maka untuk masa yang akan datang alam kita akan semakin rusak.

Maka dari itu, mari mulai sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan saling menjaga alam, agar senantiasa dapat kita manfaatkan dan rasakan keindahannya.

Cek Ki dalam panggilanya menambahkan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan antara lain:

1. Membuang sampah pada tempatnya

Memang ini terlihat sepele, namun dampaknya sangat besar. Sering kali ketika kita selesai mengonsumsi sebuah produk, baik makanan atau minuman, bungkusnya kita buang sembarangan.

2. Gotong-royong membersihkan lingkungan

Kebiasaan ini semakin lama kian menghilang. Hal ini terjadi karena tiap orang memiliki kesibukan masing-masing yang sulit untuk ditinggalkan. Akan tetapi, gotong-royong membersihkan lingkungan adalah suatu hal yang sangat penting.

Selain mempererat persaudaraan antar tetangga dan warga, melainkan juga membuat lingkungan sekitar menjadi bersih.

Sering kali kita jumpai di sekitar lingkungan rumah kita banyak sampah yang berserakan, baik itu sampah organik maupun nonorganik. Kita pun jarang untuk tergerak membersihkannya, karena itu bukan sampah kita. Akan tetapi dalam bergotong-royong, setiap sampah yang ditemukan akan kita bersihkan, meskipun itu bukanlah ulah kita.

Begitu pula sampah yang ada di got dan gorong-gorong, jika dibersihkan secara rutin maka dampaknya akan sangat baik bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Saluran tidak akan tersumbat, yang membuat lingkungan kita terhindar dari banjir dan genangan air.

3. Sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan

Banyaknya keinginan kita, membuat berbagai sumber daya alam diambil tanpa memperhatikan keberlanjutannya, terutama pohon-pohon yang ditebang tanpa dilakukan penanaman kembali agar hutan tidak gundul. Kalau ada banyak pohon, pasokan oksigen kita tetap terjaga dan terhindar dari bencana, seperti banjir dan tanah longsor.

Karena lingkungan kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, maka sudah sepatutnya kita terus membersihkan dan menjaga kelestariannya. Hal ini dapat mencegah berbagai penyakit muncul.

Harapan kita, mari sama - sama kita bergandengan tangan dalam menjaga kebersihan dari kita untuk kita,pintany.

Ketua Pijay Gleeh selaku penggerak Fazli Husin, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah, pemuda dan okp/ormas mari sama - sama kita jaga kebersihan dan belajar iklas dalam menjaga kebersihan. (NAS)