× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Massa Aksi Minta Polda Sumut Periksa Kadis Pendidikan Paluta

Massa Aksi Minta Polda Sumut Periksa Kadis Pendidikan Paluta

1336
SHARE
Massa Aksi Minta Polda Sumut Periksa Kadis Pendidikan Paluta

Massa aksi Ketika melakukan unjuk rasa di Mapolda Sumatera Utara, Jumat 18/9/2020)

Medan, sidaknews.com - Massa "Aksi" mendatangi Mapoldasu meminta Kapolda Sumut agar memanggil dan memeriksa Kadis Pendidikan dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara terkait penggunaan Dana Bos Afirmasi dan Bos Kinerja untuk sekolah dasar dan menengah tahun 2019 di Padang Lawas Utara Jumat (18/9/2020).

Dalam orasinya di depan Mapolda Sumut, M. Syukur Nasution yang bertindak sebagai Koordinator Aksi mengatakan bahwa mereka meminta jajaran Polda Sumut agar segera memanggil dan memeriksa Kepala Dinas serta Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara karena diduga telah menyalahgunakan wewenang dan jabatannya.

"Kami duga kuat Kepala Dinas Pendidikan serta Kabid Dikdasmen Dinas Pendidikan Padang Lawas Utara telah menyalahgunakan kewenangannya. Sehingga berpotensi melakukan pelanggaran hukum dengan cara memerintahkan seluruh kepala sekolah yang menerima bantuan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 agar membelanjakan bantuan dana tersebut kepada salah satu perusahaan pengadaan barang/jasa yang terdaftar di SIPLah." Ucapnya.

Lanjutnya, "kami menduga pihak dinas mendapat cashback sebesar 5% sampai dengan 8% dari nilai pengadaan, atas sejumlah indikasi yang kami temukan kegiatan tersebut sarat akan tindak pidana korupsi serta kami minta Bapak Kapolda agar melakukan penelusuran hukum sesuai kewenangan terkait dengan dugaan kami ini sesuai dengan slogan bapak kapolda sumut tidak ada tempat bagi penjahat di Sumatera Utara." Ujar Syukur

Setelah melakukan orasi sekitar satu jam, Kompol A Pasaribu dari Bidang Humas Polda Sumut menanggapi massa aksi di depan Mapolda Sumut, dikatakannya "aspirasi ini akan saya sampaikan kepada pimpinan agar di lakukan pengembangan serta bukti di lapangan, akan kita tegaskan keterangan dari rekan-rekan dari padang lawas utara menuju kepada salah seorang perusahaan pengadaan atau pun mitra kalau ada dugaan tersebut akan kita lakukan penyelidikan bagaimana kejadian tersebut." Tutupnya. (BN/sabar)