× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Operasi Yustisi di Padangsidimpuan Kedepankan Cara Humanis

Operasi Yustisi di Padangsidimpuan Kedepankan Cara Humanis

691
SHARE
Operasi Yustisi di Padangsidimpuan Kedepankan Cara Humanis

Paukes Polres padangsidimpuan Ipda Tamali ketika memberikan himbauan kepada pelanggar yustisi dan membagikan masker, Selasa (27/10/2020)

Sidimpuan, sidaknews.com - Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan terkait penggunaan masker dan penerapan Perwal No 28 Tahun 2020 terus di gelar di kota Padangsidimpuan Sumatera Utara. Kegiatan diawali dengan apel di Lapangan Garuda Jalan Serma lian kosong,kota Padangsidimpuan, Selasa (27/10)

Pantauan Wartawan giat Apel diikuti oleh TNI Polri Satpol, Dishub, BPBD kota Padangsidimpuan yang dipimpin Paurkes Ipda Tamali.

 Ipda Tamali menegaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat dari penyebaran Covid-19 di wilayah Kota padangsidimpuan.

“Kita tetap mengedepankan cara yang humanis, lalu mengedukasi masyarakat tentang bagaimana pentingnya melaksanakan protokol kesehatan terutama lewat penggunaan masker dan juga penerapan sanksi,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa kegiatan kali ini difokuskan di dua titik di wilayah kecamatan Padangsidimpuan Utara yaitu di Jalan Sudirman depan kantor Walikota Padangsidimpuan, kemudian di jalan Sudirman eks merdeka Depan SMA negeri 1 padangsidimpuan.

Tampak Petugas secara humanis memberikan himbauan kepada masyarakat serta pengguna jalan agar tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 28 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan era baru.

Dalam operasi yustisi yang digelar oleh aparat gabungan tersebut terjaring sebanyak 32 orang pelanggar dengan tidak menggunakan masker Kepada pelanggar protokol kesehatan yang terjaring petugas melakukan pendataan serta memberikan teguran secara humanis.

Sementara itu, Kabagops polres Padangsidimpuan Kompol Akmad Fauzi KS mengatakan kekompakan, kerjasama dan solidaritas bersama mulai dari stakeholder, masyarakat maupun instansi terkait dalam rangka penanggulangan pencegahan Covid-19 di Kota Padangsidimpuan.

“Teknis yang digunakan sesuai SOP operasi yustisi dengan memasang papan operasi yustisi di setiap titik yang sudah ditentukan. Untuk titik yang tidak memasang papan operasi yustisi tetap diwajibkan memberi edukasi kepada masyarakat baik secara tertulis ataupun secara lisan tentang penerapan protokol kesehatan dan bahaya Covid-19,” ungkapnya.

Kabagops menambahkan, bahwa jika ada yang melanggar, agar diberikan tindakan atau sanksi sesuai peraturan yang ada yaitu sanksi sosial ataupun yang sudah diatur sesuai dengan Perwal nomor 28 tahun 2020 tutupnya. (sabar)