× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Antusias Sambut Pelatihan Home Stay di Kelurahan Nageoga

Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Antusias Sambut Pelatihan Home Stay di Kelurahan Nageoga

304
SHARE
Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Antusias Sambut Pelatihan Home Stay di Kelurahan Nageoga

Dinas Pariwisata Nagekeo adakan Pelatihan Homestay tingkat Kabupaten Nagekeo yang bertempat di Kantor Kelurahan Nageoga

Nagekeo, Sidaknews.com - Dinas Pariwisata Nagekeo adakan Pelatihan Homestay tingkat Kabupaten Nagekeo yang bertempat di Kantor Kelurahan Nageoga, kemarin Kamis (15/10/2020)

Yohanes Lako, Lurah Nageoga yang disapa Yan Firdaus, disela-sela kegiatan Pelatihan Homestay mengatakan bahwa potensi Pariwisata diwilayah Kelurahan Nageoga sangat besar untuk dikembangkan.

"Memang masih butuh waktu, butuh proses bahwa potensi pariwisata, Tolo Keli, Ae ba'i, Peo Koto, Lia Ula, sebagai lurah saya menyadari bahwa hal pertama yang mesti dilakukan adalah menggerakkan masyarakat, menyadarkan masyarakat mulai dari akar rumput dan tantangan lain yang tidak kalah besar adalah membangun pemahaman yang sama dan kegiatan pelatihan Homestay ini adalah sebuah langkah awal untuk menggerakkan semua potensi yang ada,” demikian pernyataan beliau disela-sela rehat menunggu jam makan malam.

Respon positif juga datang dari Tokoh Masyarakat yang juga merupakan Tokoh Adat Kelurahan Nageoga bapak Goris Bu'u.

“Kami masyarakat Nageoga sangat menerima baik kegiatan pelatihan ini, karena pelatihan ini langsung terjun di masyarakat, sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat, bagi kami untuk mengembangkan potensi yang kami miliki," Nageoga memiliki sejumlah potensi wisata yang belum dipublikasikan secara meluas.

Harapan kami semoga dengan kegiatan ini maka potensi Wisata Nageoga dapat dikenal secara luas, ”Demikian pernyataan Bapak Goris yang ikut nimbrung bersama pada rehat menjelang makan malam tersebut.

Sementara Blasius Ajo Bupu Kabid Perencanaan dan SDM Dinas Pariwisata Nagekeo menegaskan bahwa tema yang diambil pada kegiatan ini adalah Tatanan baru Pariwisata Nagekeo Pasca Covid-19.

Menyadari sejumlah potensi Pariwisata Nagekeo dan juga sejumlah tantangan yang dihadapi, tantangan yang utama adalah ketersediaan Sumber Daya Manusia, belum ada SMK dan Perguruan Tinggi di Nagekeo yang memiliki jurusan atau program studi Pariwisata sehingga kami di Dinas mengalami kesulitan.

Adapun kegiatan ini mulai dari pagi hari yang dibuka oleh Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja SH, dengan turut hadir anggota DPRD Dapil III bapak Odorikus Goa Owa, Camat Boawae serta Kadis pariwisata Nagekeo. (M. Yasin)