× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah Pemprov Segera Salurkan Bantuan Ratusan Kapal Ikan Kepada Nelayan di NTT

Pemprov Segera Salurkan Bantuan Ratusan Kapal Ikan Kepada Nelayan di NTT

357
SHARE
Pemprov Segera Salurkan Bantuan Ratusan Kapal Ikan Kepada Nelayan di NTT

Kupang, sidaknews.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan NTT segera menyalurkan Bantuan Kapal Ikan lengkap dengan alat tangkap kepada Nelayan yang tergabung dalam sejumlah Kolompok di seluruh Kabupaten dan Kota se-Nusa Tenggara Timur.

Puluhan kapal bertonase 3 Gros Ton (GT) dan seratus lebih Alat tangkap jenis sampan/ketintin itu kini dalam proses penyelesaian administrasi untuk persiapan pembagian kepada nelayan.

“tahun ini 2020 melalui APBD I NTT dialokasikan sejumlah dana untuk Pengadaan kapal ikan bertonase 3 GT sebanyak 65 unit lengkap dengan alat tangkap dan alat tangkap jenis sampan atau ketintin sebanyak 130 unit untuk nelayan di NTT dan saat ini produksi telah selesai tinggal diserahkan kepada Pemda NTT dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan”. Ungkap Pemilik Galangan Kapal PT Putra Unggul Kupang H. Ismail Dean saat ditemui di lokasi Galangan d Wailayah Manikin/Tarus, Kabupaten Kupang, NTT pada Senin, (14/09/2020).

Menurutnya, sebagai perusahaan yang dipercayakan Pemerintah untuk mengerjakan Ratusan unit Kapal ikan melalui Proses tender pada beberapa bulan lalu itu, pihaknya langsung bekerja dan semuanya kini telah selesai di produksi.

“semuanya kan jenis Kapal Fiber yang mana kita sudah punya stok material yang sangat cukup jadi pas kontrak langsung bekerja dan saat ini baik yang bertonase 3 GT maupun yang jenis Ketinin semuanya sudah selesai dan kita tinggal menunggu instruksi dari Dinas untuk disalurkan ke Nelayan.

Dikatakan, sebagai Perusahaan yang bergerak Khusus dipembuatan kapal jenis Fiber, sangat oprimis hasil karya anak NTT di Galangan miliknya mampu menahan terpaan gelombang di laut NTT yang terkenal cukup ganas.

“saya jamin kapal Fiber hasil produksi dari kami ini sangat tahan gelombang dan jikalaupun ada yang rusak kita siap ganti selama masa pemeliharaan.”katanya.

Menurutnya, untuk kapal ikan bertonase 3 GT akan dilengkapi dengan alat tangkap seperti, Mesin penggerak, Jaring dan kelengkapan lainnya dan semua sudah siap tinggal didistribusikan. “jelas H. Ismail.

Sebagai satu-satunya perusahaan yang bergerak dibidang pabrikasi kapal jenis Fiber, selama masa pandemi Covid-19 ini ratusan kapal ikan jenis sampan dan lainnya telah diproduksi atas permintaan dari sejumlah Desa di Kabupaten.

“kami kerjakan ratusan sampan di masa covid-19 ini terutama dari Desa-Desa si Rote-Ndao mereka melalui dana Desa pesan sampai ratusan unit per Desa dan sudah kami selesaikan.”pungkasnya.

Soal tenaga kerja menurut H. Ismail Dehan, Perusaannya mempekerjakan sedikitnya 600 tenaga kerja yang terdiri dari Buruh pabrik dan tenaga ahli perkapalan mulai dari Ahli produksi, mesin hingga arsitek perkapalan.

“kita ada sekitar 600 tenaga kerja dari berbagai disiplin ilmu Perkapalan termasuk buruh sehingga pekerjaan produksi sangat cepat dikerjakan.”papar H. Ismail.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT Ganep Wurgiyanto mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan identifikasi penerima bantuan di seluruh wilayah NTT jika sudah rampung maka, segera didistribusikan ke nelayan.

“saat ini kita sedang lakukan identifikasi, jadi kalau sudah selesai maka langsung dilakukan proses penyerahan kepada Nelayan”. Katanya.

Dikatakan, untuk fisik pekerjaan semuanya sudah mencapai 100 persen dan hanya menunggu waktu penyerahan.

“fisik lapangan semua sudah 100 persen jadi tinggal serahkan ke kelompok nelayan saja”. Jelas Ganep. (M. Yasin)

VIDEO