× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Penunjukkan Plh Ketua KIP Aceh Timur Mengundang Tanda Tanya

Penunjukkan Plh Ketua KIP Aceh Timur Mengundang Tanda Tanya

SHARE
Penunjukkan Plh Ketua KIP Aceh Timur Mengundang Tanda Tanya

Aktivis Aceh Timur Yunan Nasution.

Aceh Timur, sidaknews.com - Berdasarkan hasil Rapat Pleno Komisioner Komisi Independen Pemilihan/KPU Aceh Timur yang berlangsung di Aula KIP Aceh Timur, Jumat (29/11/2019) menunjuk Nurmi SAg sebagai Plh Ketua KIP Aceh Timur.

Keputusan tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor : 72/PK.01-BA/04/1103/KIP-ATIM/ XI/2019. tentang Evaluasi Tahapan Pemilu 2019, dan persiapan Pemilukada 2022, dan membahas tentang kinerja Ketua KIP Aceh Timur. Berita acara itu ditandatangani oleh tiga komisioner KIP Aceh Timur yakni, Nurmi SAg, Eni Yuliana, dan Sofyan.

Keputusan tersebut dinilai janggal dan menarik perhatian aktivis Aceh Timur Yunan Nasution.

Kepada awak media (2/11/2019) Yunan Nasution mengatakan, hal ini memperkuat indikasi adanya permasalahan di internal KIP Aceh Timur. Dan pihaknya akan mengejar dan menggali setiap informasi yang terkait dugaan atau isu pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh komisioner KIP Aceh Timur terutama dalam tahapan Pemilihan Legeslatif (Pileg) beberapa bulan yang lalu.

Dikatakannya, mengenai isu pelanggaran yang beredar bermacam-macam mulai dari pelanggaran administratif sampai dugaan menerima sejumlah uang dari para calon anggota legeslatif. Namun pihaknya masih mendalami dan menghimpun data-data pendukung dan jika terbukti hal tersebut akan dilaporkan ke DKPP.

"Tujuan kami agar kedepan semua elemen masyarakat mau perperan aktif dalam melakukan social control terhadap kinerja KIP agar terciptanya pemilihan yang jujur dan adil" pungkas Yunan. (Tim)